Jagalah 7 Sunnah Harian Nabi Muhammad SAW


hijaz.id -  
Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun,” (HR Ibnu Majah: 209).


Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari berkata, “Orang muslim yang paling utama adalah orang yang menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia), maka bersabarlah wahai para pencinta sunnah (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena sesungguhnya kalian adalah orang yang paling sedikit jumlahnya (di kalangan manusia).”

 Sebelum sampai pada ajalnya, manusia yang tak luput dari dosa hendaknya segera bertaubat dan memperbanyak ibadah. Kematian yang pasti datang itu harus disambut dengan penuh ketakwaan.

Hadist ini menunjukkan keutamaan besar bagi orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terlebih lagi sunnah yang telah ditinggalkan kebanyakan orang. Oleh karena itu, Imam Ibnu Majah mencantumkan hadits ini dalam kitab “Sunan Ibnu Majah” pada Bab: “(Keutamaan) orang yang menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah ditinggalkan (manusia)”.

untuk menyambut kematian hendaknya kita selalu menjaga tujuh sunnah Nabi Muhammad SAW setiap hari. Ketujuh sunnah Nabi tersebut adalah:

Pertama, sholatlah tahajud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada sholat tahajud-nya.

Kedua, bacalah Alquran sebelum terbit matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Alquran telebih dahulu dengan penuh pemahaman.

Ketiga, jangan tinggalkan masjid terutama di waktu subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan. Bukan karena panggilan muazin, tetapi panggilan Allah SWT yang memanggil orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

Keempat, menjaga sholat dhuha, karena kunci rezeki terletak pada sholat dhuha.

Kelima, jagalah sedekah setiap hari. Allah menyukai orang yang bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

Keenam, jagalah wudhu karena allah menyayangi hamba yang berwudhu. Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, “Ampuni dosanya dan sayangi dia ya Allah.”

Tujuh, amalkan istighfar setiap saat. Dengan beristighfar, maka masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.




editor: Baskara Hamzah
sumber: https://www.islampos.com/7-sunnah-harian-rasulullah-saw-15195/
https://republika.co.id/berita/qi3b1f320/jagalah-7-sunnah-nabi-muhammad-saw-ini-selama-hidup

Belum ada Komentar untuk "Jagalah 7 Sunnah Harian Nabi Muhammad SAW"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel