Tenang Ibu Menyusui Masih Bisa Menjalankan Ibadah Puasa, Ini Tipsnya

via merdeka.com

IslamKita – Tak terasa bulan Ramadhan pun akan segera tiba, tentunya diperlukan kesiapan mental dan fisik untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini. Salah satunya yaitu kesiapan fisik bagi seorang ibu menyusui yang ingin menjalankan ibadah puasa.

Sebagian ibu menyusui masih khawatir dan takut ketika akan berpuasa. Hal ini karena akan mempengaruhi produksi ASI, sehingga ASI akan lebih sedikit untuk sang buah hati. Namun tenang ibu menyusui masih bisa berpuasa dengan aman, sehat dan tenang. Melansir dari Liputan6.com ikuti beberapa tips berikut agar ibu menyusui bisa berpuasa tanpa rasa khawatir

1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Tentunya ketika berpuasa asupan cairan kita akan berkurang, namun hal ini dapat diatasi. Ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak megandung air dan tentunya meminum air putih ketika sahur dan berbuka. Selain itu berbuka dengan yang manis juga akan membantu memperlancar ASI bagi sang ibu. Ibu bisa memakan kurma, teh manis hangat yang dapat memberikan energi lebih sehingga tidak lemas.

2. Gizi Yang Seimbang

Pemilihan makanan ketika sahur dan berbuka sangat penting bagi ibu menyusui agar badan tetap fit selama berpuasa. Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti ayam dan daging. Tak lup ajuga untuk menambahkan sayuran agar pencernaan tetap lancar. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk memakan buah untuk mencukupi kadar vitamin yang tidak tercukupi ketika berpuasa.

3. Istirahat Yang Cukup

Kegiatan menyusui sekaligus berpuasa membuat kondisi ibu jadi mudah lelah. Usahakan selalu memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal ini juga akan mempengaruhi hormon pada sang ibu. Ketika menyusui payudara memproduksiĀ hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin memerintah sel-sel dalam payudara untuk memproduksi ASI. Sedangkan hormon oksitosin menyebabkan otot-otot payudara berkontraksi, dan memompa ASI keluar dari puting. Maka diperlukan istirahat dan pola pikir yang positif agar produksi ASI tetap berjalan lancar meskipun sedang berpuasa.

Originally posted 2017-05-24 15:45:11.