Punya Sakit Maag? Lakukan 5 Hal ini Agar Puasa Tetap Nyaman dan Aman

via arwini.com

IslamKita – Penderita maag disarankan untuk nyemil dan makan teratur. Hal ini dikarenakan penderita maag tak boleh membiarkan perutnya kosong supaya luka yang ada di lambung tak bertambah parah. Namun, bagaimana jika penderita maag ingin berpuasa? Bolehkan perutnya kosong selama 14 jam berpuasa?

Melansir dari idntimes.com, ternyata penderita maag masih bisa menjalankan puasa dengan aman dan nyaman loh! asalkan mereka melakukan 5 hal sederhana berikut ini.

Kenali penyebab sakit maag

via idntimes.com

Ada banyak penyebab sakit maag, mulai dari telat makan, terlalu banyak makan pedas hingga stress.  Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu penyebab sakit maag dan konsultasilah ke dokter untuk menemukan obat yang paling pas.

Hindari makanan yang dilarang

via idntimes.com

Agar tetap nyaman saat berpuasa, penderita maag harus menghindari makanan yang dilarang. Ada banyak sekali makanan yang tak boleh dimakan seperti santan, tomat, pedas, berlemak, asam dan makanan yang menyebabkan gas.

Jangan minum macam-macam, cukup air putih saja

via okezone.com

Saat tiba waktunya berbuka, Kita biasanya tergoda untuk minum yang macam-macam, mulai dari es bersantan, kopi, teh, minuman bersoda dan lainnya. Namun, penderita maag sangat tak dianjurkan mengkonsumsi minuman tersebut karena dapat meningkatkan asam lambung.

Segera batalkan jika kambuh

via idntimes.com

Jika Kamu mulai merasakan mual, nyeri di ulu hati, nafsu makan berkurang, dada panas seperti terbakar atau gejala lainnya. segera batalkan puasa. Kamu tak boleh memaksakan diri jika masih ingin berpuasa di hari berikutnya.

Perbanyak ibadah

via idntimes.com

Apa hubungannya beribadah dengan penyakit maag? Ibadah akan membuat pikiranmu terasa lebih tenang sehingga terhindar dari stress. Sedangkan stress sendiri merupakan salah satu penyebab kambuhnya penyakit maag.

Originally posted 2017-05-25 06:53:22.