Jangan Memburu Praktis, Ini Akibatnya Jika Kamu Sahur Menggunakan Mie Instan!

via dream.co.id

IslamKita – Sahur sudah menjadi rutinitas ketika seseorang hendak berpuasa seharian. Ibarat orang mau traveling, sahur merupakan bekal yang harus dibawa. Oleh karenanya, sahur sangat disarankan sebagai bentuk bekal tubuh sebelum beraktivitas tanpa makan dan minum seharian.

Namun, ada kalanya seseorang telat bangun sehingga tak sempat menyiapkan makanan untuk sahur. Dalam kondisi ini, mie instan dirasa menjadi solusi tepat. Selain praktis, rasanya yang enak juga akan menggugah selera untuk makan dini hari. Sayangnya, sahur menggunakan mie instan tak dianjurkan untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : Nostalgia Yuk! 8 Hal Sederhana ini Membuat Puasamu Waktu Kecil Jadi Berkesan, Hayo Ngaku!

Melansir dari dream.co.id, pakar gizi, Inayah Budiasti menjelaskan jika mie instan terbuat dari tepung sehingga tak mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan pengawet dalam mie instan sangat berbahaya begitu tubuh.

Inayah juga menambahkan jika makanan seperti mie instan mengandung nutrisi rendah. padahal, ketika berpuasa tubuh membutuhkan lebih banyak serat agar badan tetap berenergi dan perut terasa kenyang lebih lama.

” Tubuh akan tidak lapar dan lemas, jika kita konsumsi jenis makanan berbahan serat, seperti buah, sayur dan gandum. Makanan seperti ini lebih lama tinggal di dalam lambung,” ujarnya.

via satumedia.com

Lantas, apakah ini berarti Kita tak boleh memakan mie instan sama sekali ketika berpuasa? Tentu saja boleh. Hanya saja, cara memasaknya kudu diperhatikan. Agar mie instan menjadi makanan mengandung gizi jangan memasukkan seluruh bumbunya. Cukup tambahkan bumbu seperlunya saja.

Campurkan pula beberapa bahan untuk menambah nutrisinya seperti sayur, telur, daging cincang dan sarden. Satu hal lagi yang perlu Kamu ingat, jangan mengkonsumsinya terlalu sering karena mie instan mengandung bahan pengawet.

Originally posted 2017-05-28 05:34:49.