Orangtua Wajib Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini, Bagaimana Memulainya? Begini Caranya

via cantik.co.id

IslamKita – Puasa merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi setiap orangtua untuk melatih anak-anaknya berpuasa sejak kecil. Tujuannya tentu saja agar mereka terbiasa dan kuat menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim.

Akan tetapi, mengajarkan anak berpuasa sejak kecil itu gampang-gampang susah. Apalagi jika si kecil sudah hobi banget ngemil. Eits, tenang. Anda masih bisa mengajarkan si kecil berpuasa dengan mudah. Melansir dari tribunnews.com, berikut trik mengajarkan puasa kepada si kecil sejak dini.

1. Membiasakan si kecil

via blog.lakupon.com

Mulailah dari kebiasaan kecil untuk membiasakannya berpuasa. Anda bisa memulainya dengan mengurangi porsi makan dan juga camilan selama puasa. Namun, Anda harus mengimbanginya dengan menjelaskan jika ini adalah bentuk latihan beribadah sehingga muncul niat di hati anak untuk menahan lapar dan minum karena ibadah.

2. Berpuasa hingga siang hari

via tokoobatherbal.com

Ketika anak mulai paham tentang puasa, ajarkanlah berpuasa setengah hari. Caranya, ajaklah ia makan sahur dan izinkan berbuka di saat azan dhuhur tiba. Setelah itu, mintalah ia berpuasa kembali hingga maghrib.

3. Kurangi aktivitas

via bidanku.com

Agar si kecil kuat berpuasa, mintalah ia mengurangi aktivitas bermain yang menguras tenaga.

4. Makanan bergizi saat sahur

via cintahijabers.blogspot.co.id

Makan sahur merupakan bekal energi tubuh selama puasa. Oleh karena itu, agar tubuh si kecil tetap berenergi dan ternutrisi, sudah selayaknya ia mendapatkan makan sahur yang penuh gizi.

Originally posted 2017-05-29 08:25:32.

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya