7 Menu Khas Nusantara Ini Sering Jadi Pilihan Takjil, Mana Favoritmu?

via brlio.net

IslamKita – Saat berbuka puasa memang menjadi momen yang paling ditunggu. Pasalnya usai puasa seharian penuh, setiap umat muslim yang menjalankannya dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kebugaran tubuh usai puasa.

Nah biasanya banyak pilihan makanan yang biasa dijadikan takjil sebagai menu pembuka puasa. Hal ini memang sudah menjadi tradisi. Bukan hanya memakan kurma, tetapi juga banyak pilihan menu takjil dari berbagai daerah.

Penasaran dengan menu takjil yang biasa disantap saat berbuka puasa? Yuk langsung saja simak rangkuman dari brilio.net berikut. Siapa tahu salah satunya adalah menu favoritmu.

1. Kolak Biji Salak

via brlio.net

Namanya memang biji salak, namun kolak satu ini tak berisi biji salak sesungguhnya. Hanya saja olahannya mirip dengan biji salak. Menu takjil satu ini terbuat dari bahan tepung yang dicampur ubi jalar. Ditambah santan kelapa, olahan kolak biji salak makin mantap disantap dengan tambahan es.

2. Es Pisang Ijo

via brlio.net

Salah satu minuman khas Makassar ini memang begitu popular tak hanya di daerahnya saja. Es pisang ijo ini begitu sering dijadikan menu pembuka saat bulan puasa. Sebab banyak penjual yang menjajakan es satu ini.

3. Kicak

via brlio.net

Menu khas Yogyakarta ini hanya akan bisa ditemui saat Bulan Ramadha saja. Saat bulan penuh berkah datang, kicak akan menjadi salah satu menu takjil yang biasanya banyak dijualdi sekitar pasar sore Ramadhan Kauman, Yogyakarta.

Jajanan tradisional ini dulunya terbuat dari bahan singkong. Namun kini makin popular dan dibuat dari campran jadah ketan dan kelapa parut.

Originally posted 2017-05-31 00:38:02.