Dari Mulai Nasi Lemak Hingga Gorengan Khas Yordania, Yuk Intip Makanan Khas Ramadhan dari Berbagai Negara

via Amiraspantry.com

IslamKita – Bulan ramadhan identik dengan makanan khasnya, entah itu kolak, bubur sumsum ataupun kurma yang banyak tersebar di para pedagang selama bulan puasa. Beberapa negara pun memiliki makanan khas mereka sendiri yang hanya ada ketika bulan puasa saja.

Selain di Indonesia, dibeberapa negara muslim lainnya juga mempunyai makanan khas mereka ketika lebaran. Berikut beberapa makanan khas yang terdapat di berbagai negara yang dilansir dari berbagai sumber

1. Nasi Lemak- Malaysia

via purelyb.com

Negara tetangga kita yaitu Malaysia mempunyai makanan khas ketika bulan puasa tiba yaitu Nasi Lemak. Nasi Lemak sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan, sehingga rasa nasi akan terasa lebih gurih dibanding nasi biasa. Nasi lemak biasanya disajikan lengkap dengan berbagai macam lauk pauk dan sambal.

2. Dahi Vada- India

via culinaryexpress.com

Dahi Vada merupakan makanan khas yang berasal dari negeri India. Makanan tersebut merupakan makanan yang terdiri dari Vada, yakni bakso tepung goreng yang kemudian ditaburi oleh Dahi, semacam saus dari yoghurt pedas. Biasanya makanan ini disajikan sebagai menu pembuka ketika berbuka puasa.

3. Mansaf dan Qatayef – Yordania

 

via seduniatravel.com
via dreamaers.com

Makanan bercita rasa manis ini bisa kita temukan di Yordania. Bentuknya mirip dengan pastel yang ada di Indonesia. Mansaf merupakan olahan daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef sejenis pancake dengan kayu manis yang didalamnya diisi dengan kenari dan gula. Biasanya warga Yordania menaburkan madu di atas Qatayef ketika menyantapnya.

4. Hummus- Lebanon

via wikipedia

Jika kita pergi ke Lebanon ketika bulan ramadhan, makan kita akan banyak menemukan pedagang yang berjualan Humus. Humus merupakan makanan sejenis selai yang biasa dimakan dengan roti khas Lebanon yaitu pita bread. Bahan dasar Humus sendiri terdiri atas dasar kacang kedelai yang dihaluskan,  lalu ditambahkan lentini, tahini, minyak zaitun, air lemon, serta garam untuk menambah cita rasa.

Originally posted 2017-06-02 12:24:45.