Ini Dia Beberapa Cara Untuk Mengajarkan Puasa Pada Anak Sedari Dini

via liputan6.com

IslamKita – Bulan puasa memang suatu hal yang baru bagi anak yang baru akhil balig. Banyak anak kecil yang sudah mulai berpuasa, namun masih belum mengerti apa arti dari puasa itu sendiri. Bahkan beberapa diantaranya masih kesulitan untuk diajak berpuasa.

Para orangtua kadang kesulitan untuk mengajarkan anak mereka yang masih kecil untuk berpuasa. Namun jangan khawatir, anak yang masih kecil bisa kita ajarkan untuk berpuasa dengan menggunakan beberapa trik berikut ini.

1. Ajarkan Pada Anak Bahwa Puasa Merupakan Kewajiban

Bila anak masih belum mengerti tentang arti puasa namun sudah akhir balig, kita bisa memberikan pengertian kepada anak mengenai arti puasa sendiri. Sebagai orangtua bisa mengatakan bahwa berpuasa bagi orang muslim merupakan kewajiban. Ajarkan pada anak meskipun sang anak masih berpuasa setengah hari setidaknya kita sudah melaksanakan kewajiban kita sebagai umat muslim.

2. Memberikan Hadiah Bila Anak Bisa Berpuasa Seharian 

Mengimingi anak berupa hadiah bila bisa melaksanakan puasa hingga magrib bisa menjadikan semangat bagi anak untuk melaksanakan puasa. Namun tetap perlu diingatkan kepada anak bahwa niatnya berpuasa bukan untuk mendapatkan hadiah tetapi untuk mendapatkan pahala.

3. Hargai Puasanya

Bila anak masih belum kuat berpuasa setengah hari, tetap hargai usahanya. Berikan semangat kepada sang anak, dan tetap memuji kemampuan puasanya. Memberikan pengertian bahwa belajar untuk berpuasa diperlukan waktu yang bertahap dan tidak ada yang salah bila sang anak hanya masih mampu berpuasa setengah hari.

4. Tambahkan Jam Puasa Sedikit demi Sedikit

Bila anak masih berpuasa setengah hari namun melihat sang anak masih kuat, coba tambahkan waktu puasa anak sedikit demi sedikit. Orangtua bisa mengalihkan perhatian anak dengan bermain atau mengajaknya diskusi untuk menahan rasa laparnya sekitar satu jam lagi. Lakukan secara bertahap hingga akhirnya anak dapat berpuasa full.

Originally posted 2017-06-02 13:26:05.