Selain Dapat Mencegah Kanker, Ini Dia Manfaat Lain Dari Kurma

via dreamers.co.id

IslamKita – Buah Kurma merupakan buah yang laris manis dicari di bulan ramadhan. Selain rasanya yang manis dan memiliki berbagai macam jenis, kurma juga terkenal akan kandungannya yang bermanfaat bagi tubuh. Maka tak heran bahwa kaum muslim dianjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma meskipun hanya satu butir.

Lalu apa saja manfaat yang kita dapat dari konsumsi buah kurma? konon katanya dengan mengkonsumsi buah kurma dapat menurunkan resiko terkena kanker dan juga membantu menjaga kesehatan bagi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat yang terdapat dalam buah kurma

1. Pencegah Sel kanker

Kurma memiliki zat antioksidan yang tinggi yang mampu menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga, dapat menekan pertumbuhkan sel kanker. Antioksidan yang terdapat dalam kurma berupa polifenol. Polifenol sendiri dikenal sebagai zat antikanker. Selain itu, antikanker lain pada kurma adalah beta D-glucan. Kurma juga membantu memelihara kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kuat. Sehingga tubuh dan dapat melawan sendiri penyakitnya, termasuk sel kanker.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kurma mengandung Kalium, zat yang merupakan salah satu komponen penting dari sel dan cairan dalam tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Kalium juga sangat berpengaruh bagi perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke. Selain itu mengandung Vitamin K dan kalsium yang penting dalam pembekuan darah dan menjaga fungsi saraf.

3. Menguatkan Ibu Hamil

Buah kurma mengandung zat besi yang dapat membantu memproduksi hemoglobin dan sel darah merah. Sehingga membantu ibu hamil agar tidak kekurangan sel darah dan terkena anemia dan peredaran darah pun akan lancar. Selain itu kurma juga mengandung hormon Oksitosin yang dapat membantu merangsang kontraksi pada otot-otot rahim sehingga mempermudah persalinan bagi sang ibu.