Menstruasi Sering Tak Lancar? Yuk Atasi Dengan Tips Berikut

via detikhealth.com

IslamKita – Salah satu yang sering dikeluhkan dan terjadi pada perempuan adalah siklus menstruasi yang tidak lancar. Tidak sedikit perempuan yang mempunyai masalah tersebut. Jadwal menstruasi yang tidak tetap memang terkadang normal dialami, namun tetap perlu diperhatikan karena bisa jadi merupakan tanda penyakit serius.

Namun bila kamu termasuk salah satu dari yang sering mengalami hal tersebut, mungkin kamu bisa coba tips berikut untuk membantu memperlancar jadwal siklus haid kamu.

1. Diet Sehat dan Olahraga

Salah satu faktor siklus pencernaanmu ga lancar adalah kamu kurang olahraga dan pola hidup sehat. Coba mulai terapkan pola hidup sehat dan sering berolahraga. Tak perlu yang berat cukup luangkan 15 menit sehari untuk berolahraga agar sirkulasi darah lancar.

2. Konsumsi Jus Ara

Kosumsi jus buah ara bisa membantu memperlancar siklus haid mu. Buah ara memang sullit didapatkan, namn kamu juga bisa menggantinya dengan buah yang lain yaitu pepaya. Sebab makan pepaya juga bisa mengatasi berbagai keluhan seputar menstruasi.

3. Teh Hijau

Selain membuat kulit menjadi glowing dan menyehatkan, teh hijau juga membantu untuk memperlancar darah haid. Kamu bisa mencampur teh hijau dengan madu agar tidak terasa pahit. Minum secara teratur untuk hasil yang maksimal.

4. Pare

Banyak yang tidak menyukai pare karena rasanya yang pahit. Ternyata rasa pahit dari buah pare sangat bermanfaat bagi wanita. Konsumsi pare rebus sesekali, bila tak ingin terasa pahit bisa dicampur dengan saus atau bumbu sesuai selera.

5. Atur Pola TidurĀ 

Pola tidur yang tidak teratur dapat membuat hormon tidak seimbang yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Usahakan tidur tepat waktu 6-8 jam merupakan durasi tidur ideal yang baik bagi kesehatan tubuh.

 

 

Originally posted 2017-06-05 14:08:08.