Susah BAB Saat Puasa? Coba Minum Varian Jus Ini

via sukabuminews.com

IslamKita – Ketika berpuasa kita kekurangan banyak cairan karena kurangnya asupan air selama kurang lebih 12 jam. Salah satu yang sering terjadi ketika kekurangan cairan adalah sembelit atau susah Buang Air Besar. Selain karena kurangnya cairan dan serat, sembelit juga terasa tidak nyaman ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Untuk mensiasati hal tersebut, kita bisa meminum varian jus yang dapat membantu memperlancar buang air besar ketika berbuka dan sahur. Berikut beberapa jus yang dipercaya dapat memperlancar pencernaan.

1. Jus Semangka

via merdeka.com

Semangka mengandung kandungan air yang tinggi, sehingga cocok diminum ketika berbuka untuk menggantikan cairan tubuh. Semangka juga dapat mendinginkan perut karena panas dalam, kandungan serta dalam semangka dapat membantu memperlancar pencernaaan.

2. Jus Lemon

via erabaru.net

Meskipun rasanya asam, lemaon mempunyai manfaat bagi pencernaan. Salah satu manfaatnya adalah dapat melembutkan tinja sehigga dapat keluar dengan mudah. Jus lemon baik dikonsumsi sehari 2 kali untuk hasil yang maksimal.

3. Jus Mentimun

via sukabuminews.com

Jus mentimun mempunyai manfaat sebagai obat pencahar alami bila sedang sembelit. Kandungan serat dan mineral dalam buah mentimun sangat membantu untuk mengurangi gejala sembelit. Dari pada membeli obat pencahar yang belum tentu aman, kamu bisa mencoba jus mentimun yang lebih alami sebagai solusinya

4. Jus Tomat

via remesiamesin.com

Tomat terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi dan baik bagi sistem pencernaan. Selain baik bagi pencernaan, tomat juga dapat mengurangi keluhan penderita wasir. Selain itu rutin mengkonsumsi jus tomat dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan terhindar dari penyakit hati.

Keempat jus diatas dapat kamu konsumsi ketika sedang mengalami sembelit. Kamu bisa konsumsi jus tersebut ketika sahur dan berbuka, menjaga kesehatan pencernaan ketika berpuasa juga penting agar puasa kita bisa lebih lancar. Semoga Bermanfaat!

Originally posted 2017-06-07 14:09:05.