4 Hal Unik Ini Hanya Ada di Banda Aceh Ketika Ramadhan

Via liputan6.com

IslamKita – Banda Aceh merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masyarakatnya beragama muslim terbesar di Indonesia. Budaya dan kehidupan secara muslim sudah sangat kental di Aceh. Maka tak heran ketika bulan ramadhan tiba Aceh menjadi salah satu wilayah yang sangat khas dengan tradisinya.

Masyarakat yang tinggal di Aceh mempunyai beberapa tradisi unik ketika bulan puasa tiba. Tradisi tersebut mungkin terlihat aneh di kota lain, namun sangat terbiasa terjadi di kota Aceh. Melansir dari helloacehku.com ,Inilah beberapa tradisi bulan ramadhan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Aceh.

1. Hari Meugang

Hari Meugang merupakan hari dimana masyarakat Aceh siap untuk menyambut bulan Ramadhan. Biasanya hari meugang 1-2 hari sebelum bulan ramadhan. Masyarakat aceh akan membeli daging untuk dimasak dan disantap bersama keluarga. Bahkan pegawai di Aceh biasanya mendapatkan THR untuk membeli daging khusus di hari meugang.

2. Sirene Berbuka Puasa

Bila di daerah lain yang umumnya adzan ditandai pukulan beduk masjid, di Banda Aceh waktu berbuka ditandai dengan bunyi sirene yang kencang. Bunyi sirene ini berasal dari sebuah mesin yang diletakkan di lantai atas kubah Masjid Raya Baiturrahman. Bahkan bunyi sirine ini disiarkan di beberapa radio lokal Banda Aceh sehingga dapat terdengar hingga ke pelosok.

3. Warung Makan Tutup

Ketika bulan puasa tiba semua warung makan di banda aceh akan tutup. Dari pagi hari hingga sore, hal ini juga berlaku bagi tempat makan yang ada di mall atau tempat perbelanjaan. Warung makan akan beroperasi ketika sore menjelang berbuka. Tradisi ini sudah dilakukan sejak lama, semuanya saling menghargai dan tetap berjalan lancar hingga sekarang.

4. Tarawih

Hampir semua masyarakat banda aceh akan melaksanakan shalat tarawih. Makan tak heran ketika waktu shalat tarawih, suasana kota akan terasa sepi. Biasanya aktivitas akan kembali ramai setelah salat tarawih dan terus berlangsung hingga waktu [tps_start_button label=”Start slideshow” style=”” class=””]sahur.