Sakit Ketika Berpuasa? Tenang Lakukan Hal Ini Agar Puasa Tetap Lancar

via hemaviton.com

IslamKita – Salah satu yang menyebabkan kita merasa berat untuk berpuasa adalah sakit. Faktor terjadinya sakit dipicu oleh berbagai macam, seperti cuaca yang sedang tidak bersahabat, dan udara yang lembab bahkan penuh dengan polusi yang menyebabkan kuman dapat dengan mudah menyerang tubuh.

Bila kamu sedang sakit namun tetap ingin berpuasa, tenang kamu bisa melakukan hal di bawah ini agar badanmu tetap kuat dan semangat menjalani puasa.

1. Banyak Minum Air Putih

via hellosehat.com

Salah satu yang terpenting dalam tubuh adalah air. Maka tak heran ketika kita sedang berpuasa, kita sering merasa lemas karena asupan cairan yang kurang. Apalagi bila tubuh sedang kurang sehat, konsumsi air yang cukup sangat diperlukan agar tubuh tidak dehidrasi. Minum air putih yang banyak ketika sahur dan berbuka, hal ini akan menormalkan suhu tubuh loh.

Kamu juga bisa mencoba alternatif lain seperti konsumsi teh hangat dicampur dengan madu untuk menambah tenaga ketika berpuasa nanti.

2. Hindari Makanan yang Menyebabkan Sakit Tambah Parah

via brilio.net

Jangan pernah berpikiran ketika kita sakit kita harus banyak makan namun tidak memilih menu yang tepat. Pemilihan menu yang tepat dapat membantu penyembuhan sakit mu. Cobalah konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Hindari dulu gorengan, kafein, dan junk food atau makanan pedas. Ganti dengan bermacam-macam buah-buahan yang tentunya lebih sehat dan memiliki banyak vitamin yang baik bagi tubuh.

3. Tidur Yang Cukup

via vemale.com

Istirahat hal yang paling penting dari penyembuhan segala penyakit. Durasi tidur yang cukup dan tidak berlebihan akan membantu mengistirahatkan tubuhmu dan membuat tubuh lebih segar. Bisa juga luangkan waktu untuk tidur siang sekitar 1 atau 2 jam, agar proses penyembuhan lebih cepat.

 

Originally posted 2017-06-09 13:40:14.