Seperti Inilah Syarat Rumah Ideal bagi Muslim yang Disenangi Rasullulah

 

dekor

Rumah sebagai tempat berlindung merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi umat manusia. Tentu sebagai salah satu nikmat besar dari Allah keberadaanya haruslah direnungkan dan disyukuri sebaik-baiknya, agar rumah selalu bisa memberikan kebaikan bagi penghuni nya.

Namun tidak semua rumah bisa begitu, karena ada pula rumah yang memberikan kepenatan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Lantaran para penghuninnya, tidak mampu membangun rumah dengan pondasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Atas dasar hal tersebut, jika Anda ingin memiliki rumah yang ideal, maka ikutilah apa yang diajarkan oleh Rasulullah. Beliau merupakan suri tauladan terbaik umat Islam. Jika Anda mengikutinya, hidup akan terasa lebih berkah.

Lantas, bagaimana cara menjadikan rumah yang sesuai dengan petunjuk dari Rasulullah? Bagaimana menjadikan rumah bisa menjadi salah satu jalan kita menuju surga?

Berikut beberapa kriteria rumah ideal berdasarkan petunjuk Rasulullah, yang dilansir dari PortalMadura:

Belilah atau Sewa Rumah yang Dekat dengan Masjid

Ketika Anda membeli rumah atau menyewa rumah di dekat masjid, tentu hal itu bisa menyemangati diri Anda untuk hadir pada saat salat berjamaah.

Dianjurkan Berkenalan dengan Tetangga Sebelum Tinggal di Rumah

Luangkan waktu untuk berkeliling dan memperkenalkan diri bersama keluarga. Kenali nama mereka, memiliki berapa anak, atau hobi mereka. Cobalah untuk menanyakan pertanyaan yang bersifat umum, jangan terlalu personal atau memancing kontroversi (debat).

Jika mereka mempersilakan Anda masuk ke rumah, sampaikan pujian Anda tentang suasana rumahnya yang bersifat positif. Hal ini berpengaruh terhadap kehidupan Anda, karena tetangga hubungan yang kurang harmonis dengan tetangga, bisa mengacaukan kehidupan diri Anda.

Buat Ruang Khusus di dalam Rumah untuk Salat

Ruang salat di dalam rumah menjadi bagian yang sangat penting, di samping sebagai tempat ibadah anggota keluarga juga dapat untuk salat berjamaah dan berkumpul setidaknya sekali dalam sehari.

Jangan Penuhi Rumah Anda dengan Perkakas yang Tidak Diutuhkan

Hal ini, karena Rasulullah mengingatkan tentang rumah yang melebihi kebutuhan dari kasur dan pakaian. Beliau bersabda: “Kasur untuk anakmu yang laki-laki, satu kasur untuk anak perempuan. Satu kasur untuk kamu dan kasur yang keempat untuk setan,” (HR. Muslim).

Berilah Kasur Tersendiri untuk Anak-anak Anda

Anda dianjurkan untuk tidak tidur satu kasur bersama mereka. Rasulullah bersabda:“Perintahkan anakmu salat pada usia tujuh tahun dan pukullah jika meninggalkannya pada usia sepuluh tahun dan pisahkan tempat tidurnya,” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Jangan Ganti Perkakas Rumah Kecuali Sudah Waktunya Diganti

Sebagian orang suka mengganti perkakas rumah setiap setahun atau kurang. Hal ini merupakan perbuatan berlebihan. Jika Anda bosan dengan perkakas rumah, ubah saja tempatnya sehingga membuat pemandangan yang baru.

rumahislami2

Letakkan Jam di ruang Terbuka

Hal ini tentu sangat bermanfaat, sehingga bisa dilihat oleh semua orang, dan tentu bisa mendatangkan pahala.

Buat Tempat Khusus untuk Perpustakaan

Walaupun kecil, sediakan ruangan khusus untuk buku-buku saku. Sehingga, hal ini dapat menciptakan anak Anda suka membaca.

Jadikan Rumah Anda Nyaman Penuh dengan Kasih Sayang

Ciptakan penuh kehangatan untuk istri Anda, anak-anak Anda, dan selalu berdoalah semoga Allah menyertai kebahagiaan selalu dalam keluarga Anda.

 

Originally posted 2016-09-01 00:00:00.