Apa Hukumnya Jual Beli Online dengan Sistem Dropship? Halalkah?

Sumber Foto dari google

Jual beli online sudah menjadi tidak asing bagi masyarakat di zaman ini. Hanya dengan memiliki akses internet setiap orang bisa dengan mudah berjual beli online. Tentu saja jual beli online ini baru ada di era digital ini, karena di zaman dulu jual beli biasa dilakukan secara langsung atau bahkan orang-orang zaman dulu untuk mendapatkan barang yang diinginkan adalah dengan cara barter atau saling tukar menukar barang yang dimilikinya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
وَأَحَلَّ اللَّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا
Artinya :
“Dan Allah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba”. (Al-Baqarah : 275)

Secara jelas di ayat tersebut Allah telah menghalalkan jual beli bagi umat manusia dan mengharamkan riba. Di dalam jual beli online sendiri terdapat yang namanya sistem dropship, dengan sistem ini kita bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk modal, karena dengan menjalankan sistem ini kita tidak perlu menyediakan stok barang. Hanya perlu menawarkan informasi berupa foto/gambar kepada konsumen, jika konsumen tertarik untuk membeli maka barang akan dikirim langsung dari pihak supplier atau distributornya.

Namun apakah sistem dropship tersebut diperbolehkan dalam syari’at Islam, berikut ini jawaban dari Ustadz Khalid Basalamah :

Originally posted 2017-06-20 00:34:39.