Sudahkah Kita Amalkan? Do’a Harian Yang Sering Terlupakan Ini

 

Sumber Foto Dari : /1stforeverything.files.wordpress.com/

Islam mengatur berbagai tatacara dalam menjalani kehidupan. Bahkan dalam hal terkecil sekalipun. Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa memulai dan mengakhiri segala sesuatu dengan iringan do’a.

Namun, sebagai manusia yang tak luput dari segala kekurangan, kerap kali dihadapkan dengan kebiasaan “lupa”. Dalam hal ini termasuk lupa dalam berdo’a ketika hendak melakukan sesuatu. Padahal, sedari kecil kita terbiasa diajarkan berdo’a tiap kali memulai dan mengakhiri suatu aktivitas.

Do’a harian yang sering diamalkan biasanya meliputi do’a sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, selepas bangun tidur, memasuki kamar mandi, bahkan saat bercermin. Namun, diantara banyak kebiasaan berdo’a tersebut, ada do’a harian yang sering kali terlupakan. Salah satunya adalah do’a saat menaiki kendaraan ketika akan berpergian. Padahal manusia dan transportasi adalah dua hal yang tak terpisahkan, mengingat kegiatan sehari-hari manusia yang sudah pasti menggunakan transportasi dalam menjalankan aktivitasnya.

Meskipun kegiatan sederhana, Islam tetap mengatur hal sekecil menaiki kendaraan. Terkadang kita menganggap hal ini adalah hal yang tak berarti besar. Padahal kita tidak pernah tahu, apakah saat kita menaiki kendaraan kita akan sampai pada tujuan kita, atau mungkin kita akan sampai pada tujuan lain yang Allah Subhanahu wata’ala kehendaki.

Berikut ini adalah do’a saat hendak menaiki kendaraan :

Do’a Naik Kendaraan Darat

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya:”Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Do’a Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

 Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Adanya do’a menaiki kendaraan yang disesuaikan dengan jenis kendaraannya semakin mempertegas bahwa Islam mengatur segala tatanan kehidupan manusia, bahkan sampai hal terkecil dan hal paling sederhana.

Tidak ada salahnya jika kita memulai untuk menghafal dan mengaplikasikan do’a-doa harian yang masih jarang diamalkan, seperti halnya do’a saat menaiki kendaraan. Bukan hanya sebagai wujud taat kita terhadap Allah Subhanahu wata’ala dengan meminta segala ridhoNya, namun lebih dari itu. Kita belajar untuk membangun kebiasaan baik melalui hal-hal kecil yang kerap kita lakukan.

Originally posted 2017-07-07 08:28:47.