Awas, Menahan Kencing Berbahaya Bagi Kesehatan Bisa Membuat….Baca Ini dan Sebarkan!

7724443_20150310081737

Di saat saat tertentu pasti sebagian orang akan menahan kencing dan tidak langsung segera pergi ke toilet. Meski tidak memiliki efek jangka pendek, kebiasaan menahan kencing terlalu lama ternyata berakibat serius pada kesehatan dalam jangka panjang.

Kandung kemih kita berupa organ tubuh berbentuk bulat berukuran kecil yang dindingnya dilapisi dengan reseptor. Bagian ini akan mengukur seberapa lama atau kuat tubuh kita menampung air kencing.

Cairan yang berasal dari ginjal tersebut berkumpul di kandung kemih. Ketika jumlahnya hampir setengah penuh, sensor akan mengirim sinyal ke otak untuk memerintahkan kita kencing.

Tapi semua keputusan ada di otak. Tergantung pada situasi, otak memutuskan kapan kita akan benar-benar kencing. Kita bisa menahannya hingga benar-benar tidak kuat lagi untuk kencing.

Namun terlalu sering dan lama menahan kencing bukan ide yang baik.

Menurut ilmu kesehatan, sering menahan kencing dapat menyebabkan infeksi yang mungkin akan merusak kandung kemih atau ginjal. ISK (Infeksi Saluran Kemih) adalah salah satu penyakit yang paling umum diderita akibat terlalu sering dalam menahan kencing.

Dan ukuran ‘lama’ seseorang mampu menahan kencing bervariasi. Beberapa orang mungkin memiliki ‘kemampuan’ untuk menahan kencing lebih lama daripada yang lain. Tetapi, demi alasan kesehatan dan ‘kesopanan’, sebaiknya cepat-cepat kencing jika memang tidak bisa menahan untuk waktu yang lebih lama lagi.

Selain membuat Anda merasa lega, menyegerakan kencing bisa menjaga kesehatan kandung kemih dan ginjal.

Originally posted 2016-01-19 12:18:19.