Amalkan Do’a Ini Saat Mempersiapkan Penampilanmu

Sumber Foto Dari inspiana.com

Dalam menjalankan aktivitasnya, setiap orang pastilah melakukan persiapan. Terlebih, jika akan keluar rumah untuk melakukan aktivitas kerja, sekolah dan aktivitas lainnya yang melibatkan pertemuan dengan banyak orang. Salah satunya persiapan yang sering dilakukan adalah persiapan dalam hal penampilan. Biasanya, setiap orang mengawali dengan membersihkan dirinya (mandi). Kemudian, barulah dilanjutkan dengan persiapan lainnya.

Bersiap Mengenakan Pakaian

Meruntut dari kegiatan persiapan, tak afdol rasanya jika melewatkan step berpakaian. Seperti yang diketahui, kita dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang bersih. Dalam hal jenis pakaian, sudah sewajarnya kita menyesuaikan jenis pakaian dengan aktivitas yang hendak dilakukan atau kegiatan yang akan dihadiri. Hal ini agar menghindarkan diri dari kesan berlebihan.

Dalam berpakaian terdapat do’a yang sepatutnya kita lafalkan. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa, mengenakan pakaian pun Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa menyertakan keberadaan-Nya. Berikut ini do’a yang perlu diamalkan ketika mengenakan pakaian.

                                                                اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْألُكَ ِمنْ خَيْرِهِ َوخَيْرِ مَاهُوَلَهُ, َوأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَاهُوَ لَهُ

Artinya:
“ Wahai Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dari kebaikan pakaian ini dari kebaikan sesuatu yang dipakai ini dibuat untuknya. Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang dipakai ini dibuat untuknya.”

Pada dasarnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu melabeli setiap kegiatan dengan do’a. Hal ini diperuntukkan agar kita senantiasa mengingat-Nya, karena dalam berbagai aktivitas/kegiatan yang kita lakukan, Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa menebarkan keberkahannya. Seperti halnya dalam berpakaian. Hal ini ditegaskan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud no. 4020, at-Tirmidzi no. 1822 sebagai berikut

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ ماَ صُنِعَ لَهُ.

Artinya : “Ya Allah, hanya bagimu segala pujian, Engkaulah yang telah memberikanku pakaian, aku memohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan dari tujuan dibuatnya pakaian ini. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan dari tujuan dibuatnya pakaian ini.”

Bercermin

Mematut diri didepan cermin adalah langkah persiapan yang kerap kita lakukan. Bagi wanita kegiatan ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Namun, kendati demikian langkah ini juga tak luput dari keberadaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala  melalui do’a bercermin

اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Artinya :”Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”

Kedua do’a tersebut hendaknya bisa kita amalkan ketika kita tengah bersiap dalam hal penampilan. Hal ini tentunya bisa menjadi kebiasaan yang baik, karena kita senantiasa menyertakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam berbagai hal, bahkan untuk hal sederhana sekalipun.

 

Originally posted 2017-07-11 09:30:28.