Beginilah Reaksi Binatang Ternak Ketika Mendengar Siksa Kubur

Sumber foto dari cahayaislam.id

Tak hanya manusia, binatang juga memiliki insting. Binatang akan berlari, panik, dan merasa terganggu bila dirinya merasa tidak tenang. Tak terkecuali binatang ternak. Binatang ternak juga memiliki insting layaknya hewan-hewan lainnya.

Mereka memiliki insting akan hasrat kebutuhan makanan, insting akan melawan hal yang mengancam, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu bahwa binatang ternak dapat mendengar siksa kubur?

Hal tersebut berasal dari Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam yakni, “Yahudi diazab di kuburnya dengan azab yang dapat didengar oleh binatang ternak.” Hadits tersebut dijelaskan dalam kitab shahih Muslim dan Shahih Bukhari.

Hadits lain yang mengungkapkan bahwa binatang ternak dapat mendengar siksa kubur yaitu Imam Muslim yang meriwayatkan hadits dari Aisyah yang bercerita:

“Masuk kepadaku dua orang nenek-nenek dari wanita tua Yahudi Madinah, keduanya berkata, “Sesungguhnya penghuni kubur di siksa di dalam kubur mereka.” Lalu Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Keduanya benar, mereka disiksa dengan siksaan yang dapat didengar oleh binatang ternak.”

Dari hadits-haidts tersebut dapat dikatakan bahwa dalam ajaran islam binatang ternak dipercaya dapat mendengar siksa kubur. Hal tersebut benar-benar berasal dari apa yang disampaikan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam. Lalu, bagaimana bila binatang ternak mendengar siksa kubur?

Pernahkah kalian melihat binatang ternak yang berada di dekat kuburan terlihat panik dan gelisah? Bahkan tidak bisa diam, terus bersuara, atau berlarian kesana kemari. Bila kalian pernah melihatnya, dapat dikatakan bahwa binatang tersebut tengah mendengar siksa kubur.

Sesuai dengan hadits yang telah disebutkan di atas, binatang ternak dikatakan dapat mendengar siksa kubur, dan insting yang dimilikinya membuat dia bereaksi ketika merasa tidak tenang. Mungkin suara-suara dari siksa kubur yang mengerikan membuat mereka merasa cemas sehingga tidak bisa diam. Wallahu a’lam bishawab.

Akan tetapi, hikmah yang dapat kita ambil yaitu bukan hanya tentang binatang ternak yang dapat mendengar siksa kubur. Melainkan, tentang siksa kubur itu sendiri. Berarti siksa kubur itu benar adanya, dan kita sebagai umat muslim haruslah merasa takut.

Binatang ternak yang hanya mendengar suaranya saja sudah begitu ketakutan, apalagi bila kita yang mendapat siksanya kelak. Na’udzubillahi min dzalik. Oleh sebab itu, kita haruslah taat dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Semoga kita senantiasa berada di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan terhindar dari siksa kubur. Aamiin.

Originally posted 2017-07-12 05:39:43.