Antara Hikmah Puasa Senin dan Kamis dan Catatan Amal yang Dilaporkan Kepada Allah

Sumber Foto dari student.cnnindonesia.com

Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslim. Diantaranya yaitu puasa Senin – Kamis yang memiliki banyak keutamaan dalam pengamalannya. Namun, apakah sempat terpikir di benak Anda, mengapa sih harus di hari Senin dan Kamis? Mengapa tidak di hari yang lain? Berikut adalah ulasannya.

  • Pada hari Senin & Kamis Amalan Manusia dihadapkan dan Diperiksa oleh Allah

Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yaitu puasa Senin – Kamis yang mana pada kedua hari tersebut amalan manusia diangkat dan dinilai oleh Allah Subhanahu wata’ala. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi No. 747).

  • Pada hari Senin & Kamis Pintu-Pintu Surga dibukakan oleh Allah

Selain itu pada kedua hari tersebut pintu surga dibuka dan terdapat beberapa keutamaan bagi umat muslim. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikitpun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim, No. 2565).

  • Hari Senin & Kamis Merupakan Hari  Lahir Rasulullah dan Hari Pertama Beliau Menerima Wahyu

Hari Senin & Kamis merupakan hari agung, karena hari tersebut merupakan hari lahirnya Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, serta hari dimana beliau pertama kali menerima wahyu. Seperti yang dijelaskan dalam hadist Abu Qotadah Radhiyallahu ‘anhu bahwa sesungguhya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari Senin. Maka beliau menjawab: “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Inilah Amalan yang Lebih Utama Dari Shalat, Puasa dan Sedekah!

  • Pada hari Senin & Kamis Rasulullah Sering Melakukan Perjalanan

Dalam suatu hadits disebutkan bahwasanya dari Ka’ab bin Malik Radhiyallahu ‘anhu mengatakan “Bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

  • Puasa Senin & Kamis Mampu Mencegah Berbagai Penyakit dan Menjaga Kecantikan

Dalam setiap anjuran amalan dalam Islam tentunya memiliki manfaat, tidak hanya dari segi bathiniyah namun juga lahiriyah. Menurut berbagai sumber penelitian di bidang kedokteran terbukti bahwa pengurangan kalori saat berpuasa dapat menghambat proses penuaan serta mencegah terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus tipe 2, tekanan darah tidak normal, penyakit jantung, penyakit ginjal, serta penyakit akibat kolesterol.

Proses metabolisme dalam tubuh selama puasa juga dapat meregenerasi sel dengan demikian sel menjadi awet muda, sehingga berpengaruh terhadap kehalusan dan kesegaran kulit seseorang. Puasa juga memberikan efek detoksifikasi (pembersihan) terhadap racun tubuh, sehingga mampu melindungi fungsi sel tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan demikian, Islam merupakan agama yang sempurna, secara hakikat maupun secara implementasi amalannya. Membahas aspek kehidupan manusia secara keseluruhan, memberikan pedoman dunia akhirat sebagai agama Rahmatan lil ‘alamiin. Mahasuci Allah dengan segala ketentuan-Nya.

Wallahu A’lam Bishawab

Baca Juga: Kunci Bernilainya Amal Kebaikan Saat di Hisab pada Hari Perhitungan

Originally posted 2017-07-26 01:59:59.