Rahasia Dibalik Keutamaan 10 Ayat Pertama Surah Al Kahfi yang Bisa Mencegah Fitnah Dajjal

 

Sumber Foto dari yusufmansur.com

Setiap surah dalam Al Quran memiliki ciri dan keutamaan masing-masing yang sudah Allah tetapkan. Setiap larik ayatnya tidak hanya mengandung pahala ketika membaca atau menghafalnya namun juga mengandung rahasia istimewa dibalik makna dan kekuatannya. Salah satu surah tersebut di dalam Al Quran adalah Surah Al Kahfi, yang mana merupakan surah yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat. Diantaranya, apa sih keutamaan 10 ayat pertama Surah Al Kahfi ? Berikut simak ulasannya.

Baca Juga: Dilarang Dilakukan di Masjid, Perbuatan Ini Bisa Menjadi Dosa
Kandungan 10 Ayat Pertama Surat Al Kahfi

Inti kandungan surah AL Kahfi sangat luar biasa baik tentang kejadian maupun tentang kuasa Allah Subhanahu wata’ala. 10 ayat pertama dalam Surah ini membahas tentang:

  • Al Quran sebagai pedoman hidup yang tiada kesalahan hukum di dalamnya
  • Bahwasanya Allah akan memberikan balasan yang baik bagi orang-orang yang beriman
  • Kaum yang menyekutukan Allah Subhanahu wata’ala akan mendapatkan balasan yang setimpal
  • Tentang kaum yang tidak beriman terhadap ketentuan-ketentuan Al Quran
  • Bahwasanya dunia dijadikan perhiasan untuk menguji keimanan suatu kaum
  • Tentang kajaiban Ashabul kahfi dan segala peristiwa yang menyertainya.

Keutamaan 10 Ayat Pertama Surah Al Kahfi

Diantara banyak keutamaan Surah Al Kahfi terdapat keutamaan khusus dibalik 10 ayat Surah Al Kahfi. Tidak hanya tentang keutamaan di duniawi namun juga tentang keutamaan pada hari akhir, yang mana hanya pertolongan dari Allah lah yang menjadi tumpuan utama.

Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim No.809)

Sungguh fitnah Dajjal akan datang ketika hari akhir, menguji iman setiap makhluk yang dibangkitkan dari kematian, dan pada saat itu terjadi hanya pertolongan Allah lah yang menjadi dasar utama terbebas dari fitnah Dajjal. Sebagaimana yang tertulis dalam firman Allah Subhanahu wata’ala:

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.” (QS. Al Kahfi: 102)(Syarh Shahih Muslim, 6:84)

Telah dijelaskan dalam suatu hadits, bahwa sangat dianjurkan seorang muslim membaca Surah Al Kahfi di hari Jumat yang mana terdapat keutamaan lebih pada hari tersebut. Sebagaimana dijelaskan, Imam Nawawi Rahimahullah berkata:

“Imam Syafi’I dalam Al Umm dan Al- Ashaab berkata disunnahkan membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat dan malam Jumatnya.” (Al-Majmu’, 4: 295)

Tiada aturan dan ketentuan Allah yang tak punya keutamaan yang luar biasa, telah diatur secara rinci bagi setiap kehidupan manusia. Mahasuci Allah Dzat yang Maha Bijaksana.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Bolehkah Kita Memegang Al-Qur’an Tanpa Berwudhu?

 

 

 

Originally posted 2017-07-26 13:58:11.