Lima Belas Ayat Sajadah yang Harus Diketahui, Apa Sajakah Itu?

Sumber Foto Dari : belajarislam.com

Tilawah artinya bacaan. Sujud tilawah, maksudnya sujud yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat Sajadah, baik bacaan dalam shalat mapun diluar shalat, sebagaimana dijelaskan dalm riwayat berikut.

“Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam membaca Al-Qur’an pada kami. Apabila lewat pada ayat Sajadah, beliau bertakbir dan sujud, lalu kami pun bersujud bersamanya.” (H.R. Abu Daud dari Ibnu Umar r.a.)

Sujud tilawah hukumnya sunah. hal ini berdasarkan pada keterangan berikut.

“Wahai manusia, sesungguhnya kami pernah membaca ayat sajadah, maka barangsiapa yang sujud tilawah, itu benar adanya, tetapi barangsiapa yang tidak, sujud, tidak ada dosa baginya.” (H.R. Bukhari dari Umar bin Khattab r.a.)

Cara sujud tilawah sama seperti sujud dalam shalat wajib. kita bertakbir sambil bersujud dengan membaca doa.

sajada wajhii lilladzii khalaqu wasyaqqa sam’ahu wabasharahu bihauliihi waquwwatihi

“Jiwa ragaku judu pada yang menciptakannya dan menundukkan pendengran dan penglihatan dengan kemampuan dan kekuatan-Nya” (H.R. Ibnu Khuzaimah)

Apabila dilakukan diluar shalat, sujud tilawah bisa dilakukan tanpa berwudhu. Perhatikan keterangan berikut

“Ibnu Umar r.a. sujud tilawah tanpa berwudhu” (H.R. Bukhari)

Lalu, apa sajakah ayat-ayat sajadah?

berikut ini adalah ayat-ayat yang menyebabkan disunahkannua sujud tilawah. Ayat-ayat ini disebut dengan ayat-ayat sajadah

Baca Juga : Bolehkah Saya Mengimami Istri, Padahal Saya Sudah Shalat?

  1. Surat A’raf [7] ayat 206

“Sesungguhnya, para malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidak enggan untuk menyembah Allah. Mereka menyucikan-Nya dan anya kepada-Nya mereka bersujud”

2. Surat Ar-Ra’d [13] ayat 15

“Semua makhluk bersujud kepada Allah, baik yang ada di langit maupun di bumi, bak dengan kemauan sendiri maupun terpaksa. Bayang-bayang mereka pun bersujud pada waktu pagi dan petang hari”

3. Surat An-Nahl [16] ayat 49-50

“Segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi hanya bersujud kepada Allah, yaitu semua makhluk melata dan para malaikat. Para malaikat itu tidak menyombongkan diri. mereka takut kepada Tuhan yang berkuasa di atas mereka dan melaksanakan perintah Allah”

4. Surat Al-Isra [17] ayat 107-109

“Katakan, Muhammad, ‘Berimanlah kamu kepada Al-Qur’an atau tidak usaha beriman. Hal itu sama saja bagi Allah. Sesungguhnya, orang yang telah diberi pengetauan sebelumnya, apabila Al-Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkurkan wajah, bersujud,’ dan berkata, Mahasuci Tuhan kami. Sungguh, janji Tuhan kami pasti dipenuhi.’ Mereka menyungkurkan wjah sambil menangis dan betambah khusyuk”

5. Surat Maryam [19] ayat 58

“Mereka Itulah orang yang telah diberi niklat oleh Allah, yaitu golongan para nabi dan keturunan adam, orang yang Kami bawa dalam kapal bersama Nuh, keturunan Ibrani dan Israil (Ya’qub), dan orang ang telah kami beri petunjuk dan kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih kepada mereka, mereka tunduk bersujud dan menangis”

6. Surat Al-Hajj [22] ayat 18

“Tidakkah kamu yahu bahwa semua makhluk yang ada di langit dan dibumi bersujud kepada Allah, termasuk matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata, dan banyak di antara manusia. tetapi, tidak sedikit juga manusia yang pantas mendapatkan azab. Barang siapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang di kehendaki-Nya”

7. Surat Al-Hajj [22] ayat 77

“Hai, orang-orang beriman! Ruku’lah, sujudlah, dan sebahlah Tuhanmu. Berbuatlah kebaikan agar kamu beruntung”

8. Surat Al-Furqan [25] ayat 60

“Apabila dikatakan kepada mereka, ‘Sujudlah kepada Yang Maha Pengasih’ mereka menjawab ‘siapakah Yang Maha Pengasih itu? apakah kami harus sujud kepada Allah seperti yang kamu perintahkan kepada kami?’ sungguh, mereka semakin jauh dari kebenaran”

9. Surat An-Naml [27] ayat 25-26

“Mereka juga tidak menyembah Allah yang Mengeluarkan apa yang terpendam di langit serta di bumi, dan mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan nyatakan. Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia. Tuhan yang mmepunyai ‘Arsy yang agung”

10. Surat As-Sajdah [32] ayat 15

“Orang-orang yang beriman pada ayat-ayat Kami hanyalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat Kami, mereka menyungkur sujud, bertasbih, memuji Tuhannya, dan tidak menyombongkan diri”

11. Surat Sad [38] ayat 24

“Daud berkata, ‘sungguh, ia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. memang banyak diantara orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan. hanya sedikit di antar mereka yang berbuat begitu’ Daud menduga bahwa Kami mengujinya. Ia pun memohon ampun kepada Tuhannya , lalu menyungkur sujud dan betaubat”

12. Surat Fussilat [41] ayat 37-38

“Sebagaimana dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakan nya jika kamu hhanya menyembah kepada -Nya. Jika mereka menyombongkan diri, malaikat yang ada di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya pada malam dan siang hari tanpa pernah jemu”

13. Surat An-Najm [53] ayat 62

“Maka, bersujudlah kepada Allah dan sembahlah Allah”

14. Surat Al-Insyiqaq [84] ayat 21

“Apabila Al-Qur’an dibacakan, mereka tidak mau bersujud”

15. Surat Al’alaq ayat 19

“Sekali-kali tidak! Janganlah kamu patuh kepadanya, dan sujudlah serta dekatkanlah dirimu kepada Allah”

Wallahu A’lam Bishawab

Baca Juga : Bolehkah Kita Memegang Al-Qur’an Tanpa Berwudhu?

Originally posted 2017-07-27 10:54:49.