Hati-Hati, Sering Menyanyi di Kamar Mandi Bisa Menimbulkan Berbagai Penyakit

Sumber Foto Dari: www.dakwahjomblo.com

Menyanyi – nyanyian memang sudah tidak dapat dihindarkan dalam kehidupan manusia era kini. Lagu-lagu dan musik sudah seperti merasuk dalam, sehingga nyaris kesemuanya dari kita menikmati dan menjadi pegiatnya. Dengan pengaruhnya, musik seperti bisa memahami perasaan manusia. Lirik dan nadanya mampu menghadirkan kenyamanan dan ketenangan di dalam jiwa. Ada semacam hipnotis bagi para pendengar, suntikan psikologis yang kemudian merasuk jauh ke dalam hati manusia.

Meski dalam Islam, kebolehan musik masih terus dikaji pendalamannya, sebagian ulama jelas menafsirkan pelarangan – kecuali syair-syair kebaikan yang dibarengkan dengan alat musik tabuh. Tetapi sebagian pendapat melonggarkan, hanya tetap menekankan pada isi yang mengandung unsur-unsur dakwah dan kebaikan.

Sebagai pendengan dan penikmat, tidak jarang kita ikut menyenandungkan lagu-lagu itu. Terlebih bagi yang memang gemar menyanyi, lagu dan musik seperti sudah menjadi dua hal yang tak bisa terpisahkan. Fenomena lagu dan kegiatan menyanyi sudah seperti melekat erat di keseharian anak-anak muda. Perjalanan ke kantor – menyanyi, sedang membereskan rumah – menyanyi, sedang mengerjakan tugas, dibarengi dengan menyanyi, bahkan sedang berada di kamar mandi – juga menyanyi.

Terkhusus pada poin terakhir, menyanyi di kamar mandi, kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh kita, baik sadar atau pun tidak. Islam tiada melarang sesatu, jika tidak mengandung unsur keselamatan di dalamnya. Dilarang memakan babi, sebab terdapat kandungan cacing pita yang tidak mati meskipun di masak dengan suhu tinggi dan waktu yang lama. Dilarang minum alkohol, sebab hanya akan mendangkan kerusakan pada fungsi-fungsi organ. Demikian pula pelarangan Islam pada menyanyi di kamar mandi, terdapat sebab-sebab yang akan menghadirkan kemanfaatan bagi manusia.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah bercerita, “Iblis berkata, ‘Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal’ Kemudian Allah SWT berfirman, ‘Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban).'”

Baca Juga: Manusia Berada Dalam Kerugian, Kecuali Bagi Yang Melaksanakan Perintah Ini!

Kamar mandi atau jambar merupakan tempat tinggal Iblis yang tugasnya adalah menggoda dan menggelincirkan manusia. Sebab itulah sebaiknya jangan berlama-lama di dalamnya, dan memohonkan perlindungan kepada Allah sebelum memasukinya. “Ya Allah, aku memohon perlindungan dari syaitan laki-laki dan syaitan perempuan.”

Karena itulah syaitan menggoda manusia untuk berlama-lama di dalam kamar mandi, membiarkan pakaian tergantung, meniupkan tipu daya agar melakukan perbuatan maksiat, mempengaruhi pendengaran agar suara nyanyian kita terdengar bagus, hingga terus menerus kita menyenandungkan lagu-lagu.

Selain dilarang karena merupakan tempat tinggal Iblis, ternyata menyanyi di dalam kamar mandi juga memungkinkan kita terserang berbagai macam virus dan bakteri, di antaranya sebagai berikut:

  1. Virus Gastrointestinal, dapat menyebabkan sakit perut pada manusia. Virus ini juga termasuk ke dalam Norovirus yang menyebabkan gejala flu pada perut.
  2. Staphylococcus aurea, merupakan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit dan pernafasan. Staphylococcus aurea, yaitu jenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan kebal terhadap semua antibiotik.
  3. Pathogen Enteric, dapat menyebar dengan cara mengontaminasi makanan yang bisa jadi dibawa melalui fases. Bakteri ini meliputi; E. Coli, Salmonella, Hingela, dan Campylobacter. Bakteri E. Coli sendiri dapat menyebabkan penyakit diare dengan darah pada fases manusia.
  4. Jamur Dermatophitic, yang biasanya menjangkiti kaki manusia dan menjadi penyebab timbulnya berbagai gejala penyakit.

Semakin banyak kita bersenandung di kamar mandi, maka semakin banyak pula mulut kita terbuka dan di saat yang sama memungkinkan masuknya virus atau bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Tersebab kamar mandi adalah tempat yang kotor, meskipun seringkali dibersihkan dan terlihat bersih, tetapi berhati-hati pada kemungkinan buruk tentu tetap harus dilakukan.

Menghindari menyanyi di kamar mandi, selain berharap ridha dan ganjaran pahala dari Allah, juga sebagai ikhtiar kita untuk terhindari dari jenis-jenis penyakit yang sesungguhnya dapat dihindari sekiranya kita bergegas dan menggunakan kamar mandi secara seperlunya – tidak berlama-lama.

Baca Juga: Dilempari Kotoran Setiap Hari, Apa Balasan Rasulullah?

 

Originally posted 2017-07-27 09:25:42.