Sering Mimpi Buruk Saat Tidur, Inilah Penyebab Utamanya!

Sumber Foto Dari: hellosehat.com

Dalam sebuah riwayat Imam Bukhari dan Muslim, hadist dari Abu Hurairah, “Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.”

Tidur tentu menjadi kebutuhan setiap manusia dan rutin dilakukan setiap hari. Umumnya manusia tidur saat malam hari yang merupakan bagian dari waktu untuk mengistirahatkan tubuh setelah digunakan seharian penuh. Dalam pengertian filosofis, tidur adalah proses kematian sederhana, yang bedanya adalah ruh kita dikembalikan saat tiba pagi hari. Tidak ada yang bisa memastikan pula, karena sebagian orang dipanggil pulang saat sedang terlelap tidur.

Syaitan benar-benar tidak pernah istirahat membuntuti manusia, berusaha keras agar ada saja dosa dan ketidaktenangan di dalam jiwa kita. Terus saja mereka meniupkan rasa waswas dan ketakutan. Bahkan saat kita sedang beristirahat sekali pun. Karena itu kadang-kadang hadir mimpi buruk dalam lelapnya tidur kita, mimpi dikejar-kejar sosok menyeramkan, mimpi bertemu dengan jin, dan masih banyak jenis godaan lain yang merupakan hasil dari kerja syaitan.

Ada tiga jenis mimpi yang perlu kita ketahui, sehingga bisa kita membedakan – mana mimpi yang benar dan mana mimpi yang berasal dari tipu daya syaitan.

1. Bisikan Hati. Terkadang terlalu serius manusia memikirkan sesuatu, hingga terbawa sampai ke dalam mimpi. Tentu setiap kita pernah mengalami ini, tersebab sesuatu hal yang mungkin agak rumit dipikiran, di saat tidur masih terus terbawa menjadi mimpi yang seakan kenyataan.

2. Ditakuti Syaitan. Mimpi yang datangnya dari syaitan bisa berwujud mimpi basah, atau mimpi-mimpi yang menakutkan.

3. Berasal Dari Allah. Menurut Dr. Musthafa Dhib al-Bugha, salah seorang ulama bermadzhab Syafi’i menjelaskan, bahwa mimpi jenis ini berisi segala hal yang baik-baik dan menggembirakan kaum muslimim.

Baca Juga: Bagaimana Cara Berpacaran yang Islami?

Dijelaskan dalam sebuah hadist riwayat Imam Muslim, dari Jabir radhiallahu ‘anhu, bahwa ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi

Mimpi buruk yang pernah atau bahkan sering kita alami adalah bagian dari ulah jin/syaitan. Sebab itu Rasulullah mengajarkan adab-adab yang sebaiknya dikerjakan sebelum tidur. Seperti membersihkan kasur dengan sapu lidi, berwudhu, mematikan lampu, dan tentunya berdzikir juga melantunkan doa-doa memohon perlindungan.

Jika mengalami gangguan mimpi buruk, Rasulullah pun sudah memberikan teladan untuk melawan pengaruh jin yang berusaha menganggu dan meninggalkan perasaan waswas di dalam hati kita. Dalam sebuah riwayat Abu Qatadah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, “Mimpi baik (rukyah) itu datang dari Allah, dan mimpi buruk (hilm) datang dari syaitan.Maka apabila salah seorang dari kalian bermimpi yang tidak menyenangkan, hendaklah dia meludah ke samping kiri sebanyak tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatannya sehingga mimpi itu tidak membahayakannya.”

Rasulullah mengajarkan, jika ada di antara kita yang saat tidur bermimpi sesuatu yang buruk, maka hendaknya meludahkan tiga kali ke sebelah kiri, kemudian mohonlah perlindungan kepada Allah dengan berdzikir dan membaca ayat-ayat pilihan, semisal ayat kursi. Karena sesungguhnya tidak ada kekuatan yang melebihi Kekuasaan Allah, dan hanya kepada Dia sebaik-baik kita memohon perlindungan.

Demikian penting adab tidur yang diajarkan Rasulullah, dan demikian pula cara-cara syaitan mengusik ketenangan hati manusia. Bahkan saat tidur pun, tidak jedanya mereka mengganggu dan meniupkan tipu daya.

Baca Juga: Tapakilah Jalan Ini, Niscaya Allah Akan Hadiahkan Surga Kelak di Akhirat

Originally posted 2017-07-28 10:38:38.