Meminjam Barang Hanya Sebentar Namun Tanpa Izin, Haramkah?

 

Sumber foto dari sarafsehat.com

Seringkali seseorang meminjam barang orang lain baik teman, sahabat, ataupun rekan lainnya yang dianggap dekat dengan tanpa izin, dengan anggapan meminjam barang tersebut hanya sebentar. Meskipun hanya sebentar, lalu bagaimana hukum dalam meminjam barang orang lain tanpa izin meskipun sebentar? Berikut simak ulasannya.

  • Hukum Meminjam Barang Tanpa Izin

Dalam Al Quran juga dijelaskan bahwasanya jangan sampai seseorang memakai atau menggunakan barang orang lain tanpa izin, karena tersebut termasuk menyalahi hak kepemilikan orang lain, sehingga sebisa munkin haruslah mendapatkan izin terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wata’ala:

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.” (QS. Al- Baqarah: 188)

Dalam suatu hadits disebutkan bahwa meminjam barang milik orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya atau disebut ghosob merupakan perbuatan yang tidak halal. Seperti yang dijelaskan dalam suatu hadits:

“Tidak halal harta seseorang kecuali dengan ridho pemiliknya.” (HR. Ahmad 5: 72. Syaikh Syu’aib Al Arnauth berkata bahwa hadits tersebut shahih lighoirihi).

 “Adapun bahtera itu adalah kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan aku bertujuan merusakkan bahtera itu, karena di hadapan mereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera.” (QS. Al Kahfi: 79)

Dalam hukum lain juga disebutkan, yaitu berdasarkan hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Siapa yang mengambil sejengkal saja dari tanah secara aniaya maka dia akan dikalungkan dengan tanah sebanyak tujuh bumi pada hari qiyamat.” (Shohih Bukhori, No. 3026 dan Shohih Muslim, No. 1610)

Di dalam hadits lainnya juga dinyatakan bahwasanya tidak halal bagi seseorang yang meminjam harta orang lain tanpa orang yang memiliki memberi izin, seperti hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Tidak halal harta seseorang kecuali dengan kerelaan hatinya.” (Sunan Daruquthni, No. 2885)

Baca Juga: Terburu-Buru Mendatangi Shalat Berjamaah, Bolehkah?
  • Bahaya Meminjam Barang Tanpa Izin

Barokah dari suatu barang yang dipinjam sesuai dengan kadar kerelaan hati pemiliknya, ketika sang pemilik tidak rela maka rentan terjadi permasalahan dalam hal tersebut. Diantaranya seseorang yang meminjam barang orang lain tanpa seizin pemilik dan pemilik barang tersebut tidak ikhlas, maka dapat menyebabkan permusuhan, sehingga rentan merengganggkan ukhuwah dengan sesama. Selain itu tanpa keihklasan dan cara yang kurang benar tentu saja kebarokahan barang tersebut saat digunakan akan berkurang, bahkan sesuai hadits diatas bahwa perihal tersebut termasuk tidak halal.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Aurat Tak Sengaja Terbuka Ketika Sholat, Bagaimana Hukumnya?

 

Originally posted 2017-07-30 01:40:46.