Apakah Benar Kiamat Sudah Dekat? Ketahuilah Tanda-Tandanya Ini!

Sumber Foto dari Google

Segala yang fana bermula dari tidak ada mejadi ada dan akan kembali pada keadan tidak ada pula. Begitu pula dengan kehidupan ini, bermula dari tidak adanya kehidupan dunia ini menjadi ada dan lagi akan kembali pada keadaan tidak ada atau sering disebut dengan kiamat. Kiamat adalah hari dimana seluruh kehidupan di dunia ini akan berakhir. Adapun kapan akan terjadinya kiamat itu tidak ada satupun makhluk-Nya yang mengetahuinya kecuali Allah.

Berikut ini merupakan dalil yang menguatkan tentang tidak adanya yang mengetahui kapan terjadinya kiamat itu. Terdapat dalam Qur’an surat Al-A’raaf ayat 187, Allah subhallahu wa ta’ala berfirman:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Yang artinya:

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui”.

Baca Juga : Menguak Kisah Dibalik Munculnya Yajuj dan Majuj Sebelum Kiamat

Berabad-abad yang lalu, Rasulullah sudah memberikan sinyal tanda-tanda yang begitu nyata tentang kiamat, agar ummat Islam dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tanda-tanya kiamat yang nyata telah Rasulullah paparkan dalam hadits-hadits nya. Berikut ini salah satu hadits tentang tanda-tanda kiamat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اُعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ: مَوْتِيْ، ثُمَّ فَتْحُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ، ثُمَّ مُوْتَانٌ يَأْخُذُ فِيْكُمْ كَقُعَاصِ الْغَنَمِ، ثُمَّ اسْتِفَاضَةُ الْمَالِ حَتَّى يُعْطَى الرَّجُلُ مِائَةَ دِيْنَارٍ فَيَظَلُّ سَاخِطًا، ثُمَّ فِتْنَةٌ لاَ يَبْقَى بَيْتٌ مِنَ الْعَرَبِ إِلاَّ دَخَلَتْهُ، ثُمَّ هُدْنَةٌ تَكُوْنُ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَ بَنِي اْلأَصْفَرِ، فَيَغْدِرُوْنَ فَيَأْتُوْنَكُمْ تَحْتَ ثَمَانِيْنَ غَايَةً، تَحْتَ كُلِّ غَايَةٍ اِثْنَا عَشَرَ أَلْفًا.

“Perhatikanlah enam tanda-tanda hari Kiamat: (1) wafatku, (2) penaklukan Baitul Maqdis, (3) wabah kematian (penyakit yang menyerang hewan sehingga mati mendadak) yang menyerang kalian bagaikan wabah penyakit qu’ash yang menyerang kambing, (4) melimpahnya harta hingga seseorang yang diberikan kepadanya 100 dinar, ia tidak rela menerimanya, (5) timbulnya fitnah yang tidak meninggalkan satu rumah orang Arab pun melainkan pasti memasukinya, dan (6) terjadinya perdamaian antara kalian dengan bani Asfar (bangsa Romawi), namun mereka melanggarnya dan mendatangi kalian dengan 80 kelompok besar pasukan. Setiap kelompok itu terdiri dari 12 ribu orang.”

Dalam runtutan tanda-tanda kiamat tersebut, sangat jelas telah membuktikan bahwa kiamat sudah dekat. Namun, tidak ada yang tahu seberapa dekatnya manusia dengan kiamat itu. Penjelasan lebih jelasnya untuk menjawab pertanyaan “Apakah Benar Kiamat Sudah Dekat?”, silahkan simak video “Menantikan Kehadiran Al-Mahdi oleh Ustad Zulkifli Muhammad Ali, Lc, MA.

Wallahu A’lam Bishowab

Baca Juga : Amalan inilah yang Pertama Kali Akan Dihisab Saat Kiamat

 

Originally posted 2017-07-31 16:15:28.