Bahasa Arab, Bahasa Ahli Surga

 

Sumber foto dari ploggingmobile.blogspot.com

Arab merupakan bahasa yang sangat mendasar digunakan dalam kitab suci Al Quran. Dalam setiap bacaan sholat, doa, maupun niat ibadah pada umumnya menggunakan bahasa Arab. Dan dalam suatu hadits dijelaskan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa ahli surga. Lalu bagaimana dengan keutamaannya? Berikut simak ulasannya.

  • Keutamaan Bahasa Arab Menurut Ayat Al Quran

Al Quran yang merupakan pedoman bagi manusia, kumpulan firman Allah yang menjadi petunjuk dari setiap permasalahan diturunkan dalam bahasa Arab. Terdapat beberapa ayat Al Quran yang menyebutkan tentang bahasa Arab, salah satunya dalam QS.Az-Zumar: 27-28:

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al-Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Dalam ayat lain, Allah berfirman:

“Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang diantara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. As-Syu’ara: 192-195).

Bahasa Arab juga merupakan bahasa Al Quran yang merupakan pedoman hidup yang Allah turunkan yang mana Allah memudahkan dalam proses memelajarinya serta Allah langsung yang menjaga kemurniannya. Dalam suatu ayat Allah berfirman:

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran  untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”. (QS. Al-Qamar: 17, 22, 32, 40)

“Sesungguhnya kami yang menurunkan Al-Dzikr (Al-Quran) dan Kami pula yang akan memeliharanya.” (QS. Al-Hijr: 9)

Baca Juga: Aurat Tak Sengaja Terbuka Ketika Sholat, Bagaimana Hukumnya?
  • Keutamaan Bahasa Arab Menurut Hadits

Bahasa Arab merupakan bahasa ahli surga. Dalam kitab Faid Al-Qadir Syarh Al Jami’ Al-Sagir susunan Al-Manawiy, disebutkan bahwa dari Ibnu Abbas dengan riwayat Muslim, Rasulullah bersabda:

“Pelajarilah Bahasa Arab karena 3 hal, yaitu karena Aku (Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam orang arab, Al Quran berbahasa Arab, dan percakapa ahli surga adalah bahasa Arab”.

  • Keutamaan Bahasa Arab Menurut Ulama

Menurut perkataan ulama, yaitu Abdul Alim Ibrahim berkata:

“Bahasa Arab merupakan Bahasa orang Arab dan sekaligus juga merupakan Bahasa agama Islam.”

Selain itu bahasa Arab adalah Bahasa yang paling mulia. Ibnu Katsir Rahimahullah mengatakan:

“Karena Al-Quran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al Quran.

Berkaitan dengan keutamaan bahasa Arab, Ibnu Taimiyah berkata:

“Ketahuilah, perhatian terhadap bahasa Arab akan berpengaruh sekali terhadap daya intelektualitas, moral, agam (seseorang) dengan pengaruh yang sangat kuat lagi nyata. Demikian juga akan mempunyai efek positif untuk berusaha meneladani generasi awal umat ini dari kalangan sahabat, tabi’in dan meniru mereka, akan meningkatkan daya kecerdasan, agama, dan etika”. (Iqtidqa Shiratil Mustaqim: 204)

Sungguh segala yang Allah ciptakan merupakan suatu rahmat bagi setiap makhluk-Nya, termasuk Al Quran yang menggunakan bahasa Arab dengan segala keutamannya. Dan sungguh Allah akan memberikan kemudahan bagi setiap makhluk-Nya yang berikhtiar untuk mempelajari setiap ilmu-Nya.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Apa Itu Rukhsoh dan Siapa Sajakah Orang yang Mendapat Rukhsoh?

 

Originally posted 2017-08-01 13:45:21.