Ancaman Bagi Jiwa yang Telah Melewatkan Sholat Subuh

 

Sumber foto dari rumahhufazh.or.id

Sholat merupakan kewajiban bagi tiap-tiap orang muslim dan merupakan amal yang pertama kali dihisab di akhirat kelak. Namun seringkali terdapat jiwa yang lalai dalam melaksanakannya. Dari kelima perintah waktu sholat, sholat subuh diantaranya yang sebagian orang merasa sulit melaksanakannya dikarenakan masih berada pada jam tidur. Lalu bagaimanakah hukumnya? Dan bagaimanakah ancaman bagi orang-orang yang lalai dalam sholatnya? Yuk simak ulasannya.

Hukum tentang Sholat

Perintah tentang sholat, telah jelas disebutkan dalam ayat Al Quran, bahwasanya Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada Rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS. An-Nur: 56)

Dalam suatu ayat, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya kecuali golongan kanan, berada di dalam surga, mereka tanya menanya, tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian.” (QS. Al Mudattsir: 38-47)

Dalam ayat lain Allah berfirman:

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya.” (QS. Al-Maa’un: 4-5)

Baca Juga: Bahasa Arab, Bahasa Ahli Surga
Akibat Meninggalkan Sholat Subuh

Dalam suatu ayat Al Quran disebutkan tentang akibat seseorang yang meninggalkan kewajiban sholatnya salah satunya yaitu tentang sholat subuh, bahwasanya Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Diantara Hukuman yang disegerakan baginya adalah pagi harinya dia berjiwa kotor, malas, tidak dijamin dan dijaga oleh Allah, serta tidak mendapatkan cahaya saat di kegelapan Shirath. Dan sungguh, adzab akhirat itu lebih besar sekiranya mereka mengetahui. (Al-Qalam: 33)

Dalam suatu kitab telah dijelaskan tentang sholat subuh, yaitu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Tidak ada sholat yang lebih berat dirasakan oleh orang munafik melebihi sholat Subuh dan Sholat Isya’. Seandainya mereka tahu apa-apa yang ada padanya, pastilah mereka mendatanginya meskipun dengan harus mengesot. Dan sungguh, aku berpikir untuk menyuruh muadzin mengumandangkan iqamat. Lalu aku suruh seseorang untuk mengimami manusia, sementara itu kuambil api dan kubakar (rumah) orang-orang yang tidak keluar (mengerjakan) sholat subuh.” (Al-Lu’lu wal Marjan, No. 383))

Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Disebutkan dihadapan Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam adanya orang yang tidur semalaman sampai pagi tiba. Beliau bersabda, “Itulah orang yang kedua telinganya dikencinginya setan.” (Shahih Al Bukhari hadits, No. 1144 dan Muslim  hadits No. 774, dan hadits tersebut adalah lafal Muslim)

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Setan membuat tiga simpul di tengkuk salah seorang dari kalian saat tidur. Di setiap itu dia mengehembuskan, ‘Malammu masih panjang, tidurlah!’ Jika dia bangun dan berdzikir kepada Allah, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia shalat lepaslah simpul-simpul itu semuanya. (Jika sudah begitu) pagi harinya dia akan bersemangat dan jiwanya bersih. Jika tidak, jiwanya kotor dan malas.” (HR. Al Bukhari, No. 3269)

Dalam Ayat Al Quran disebutkan, bahwa Allah Subahanu wata’ala berfirman:

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan sholat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan, kecuali orang yang bertaubat, beriman, dan beramal saleh.” (QS. Maryam: 59)

Sungguh selain sholat merupakan kewajiban, di dalamnya terdapat keutamaan-keutamaan yang luar biasa Allah berikan. Merupakan sarana bagi seorang makhluk berkomunikasi dengan Rabb-nya, meminta petunjuk, dan meminta kebarokahan serta kemudahan dunia akhirat. Tidak hanya sholat subuh, namun sholat wajib lainnya tentu hukumnya wajib dilaksanakan dan tentunya terdapat hukuman bagi tiap-tiap muslim yang meninggalkan.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga:Perhatikan Adab Ta’aruf Sebelum Menikah

 

Originally posted 2017-08-03 00:39:36.