Rasulullah Menganjurkan Melamakan Rukuk dan Sujud, Inilah Fakta Luar Biasanya!

Sumber Foto Dari : Google

Amalan yang pertama kali dihisab di akhirat kelak adalah shalat. Karena itulah shalat yang lima waktu merupakan amalan utama bagi ummat Islam. Selain perintah agama ternyata terdapat fakta luar biasa tentang shalat yang sering ummat Islam laksanakan. Faktanya selain ummat Islam mendapatkan pahala, rahmat, diangkat derajat dan diberikan ampunan oleh Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. Ummat Islam juga mendapatkan fakta luar biasa dari sisi kemanusiaan.

Fakta-fakta luar biasa tersebut akan diraih oleh ummat Islam dengan catatan mereka mengerjakan shalat dengan khusyu. Maka tak jarang banyak ummat Islam yang berlomba-lomba agar shalatnya khusyu dan dinikmati setiap gerakan dalam shalat. Namun, tak jarang pula yang shalatnya terburu-buru dan berniat agar shalatnya lekas selesai. Untuk typekal manusia yang shalatnya terburu-buru ini padahal ia tidak dalam keadaan bahaya (perang), maka kecil kemungkinan akan mendapatkan fakta-fakta luar biasa yang terkandung dalam shalat.

Dalam shalat  terdapat gerakan-gerakan yang wajib hukumnya kita laksanakan, selagi masih mampu melaksanakannya.

Selain hadits yang menjelaskan tentang apa saja gerakan dalam shalat. Ada pula sebuah hadits Rasulullah , yang memerintahkan ummatnya untuk berlama-lama dalam gerakan ruku’ dan sujud. Berikut penjelasan haditsnya.

Baca Juga : Tapakilah Jalan Ini, Niscaya Allah Akan Hadiahkan Surga Kelak di Akhirat

“Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk shalat; semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan”. (Lihat Silsilah shahihah: 1398, sanadnya shahih).

Maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa fakta yang luar biasa pertama ketika semakin lama ummat Islam melakukan ruku dan sujud, semakin berkurang pulalah dosa-dosa yang terdapat dalam dirinya. Betapa sempurnanya Islam, sampai-sampai ummat Islam juga diberikan fakta luar biasa ke dua yakni dalam dunia medis. Dalam dunia medis ternyata memperlama posisi saat ruku’ dan sujud itu juga terdapat manfaat yang besar.

Ruku’ dalam dunia medis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Sebelum menuju ke manfaat ruku’, manfaat dari ruku’ ini dapat diperoleh setelah kita melakukan gerakan ruku’ dengan sempurna. Gerakan ruku’ yang sempurna  itu ditandai dengan ketika kita meletakkan gelas di punggung, maka tidak akan tumpah karena posisi kepala dan tulang belakang sejajar.

Berikut ini fakta luar biasanya antara lain:

  1. Posisi ruku’ bagi punggung, untuk menjaga kesempurnaan posisi punggung sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Ketika posisi jantung sejajar dengan otak, maka bagian tengah badan akan teraliri darah secara sempurna.
  2. Posisi tangan bertumpu pada lutut, hal ini sangat bermanfaat untuk merelaksasikan pada otot-otot bahu sampai ke bawah. Menurut hasil penelitian posisi ruku’ juga bermanfaat melatih kemih sehingga terhindah dari penyakit prostat.
  3. Posisi sujud dengan tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai. Posisi ini bermanfaat untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Sedangkan, posisi jantung di atas otak menyebabkan kandungan oksigen akan mengalir secara maksimal ke otak. Aliran ini sangat penting karena mempengaruhi daya pikir manusia.
  4. Bagi kaum hawa, ruku dan sujud mampu menjaga kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Demikian pembahasan tentang fakta luar biasa tentang melamakan ruku’ dan sujud dalam shalat. Hal ini sangat penting bagi manusia, dan terlebih lagi untuk kaum hawa. Karena melamakan ruku’ dan sujud merupakan ajuran dari Rasulullah dan bermanfaat bagi kesehatan.

Wallahu ‘Alam Bisshawab

Baca Juga : Bolehkah Memanggil Orang dengan Nama Julukan?

Originally posted 2017-08-04 04:31:14.