Semua Dosa Bisa Terampuni dengan Mengamalkan Do’a Ini!

Sumber foto dari google.com

Manusia bukanlah makhluk yang sempurna dari khilaf dan dosa, adalah fitrah jika melakukan kesalahan baik karena lupa ataupun disengaja. Namun, ketika tahu dan kemudian sadar bahwa itu dosa maka dianjurkan untuk segera melakukan taubat dengan taubat yang sebenar-benarnya.

Firman Allah Ta’ala,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً

Artinya: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu” (QS. Nuh: 10-12)

Seringkali banyak diantara kita yang tidak melakukan taubat karena takut jika odsanya tidak diampuni dan taubatnya tidak diterima. Padahal, telah jelas disebutkan bahwa selama ruh belum sampai di tenggorokan dalam arti selama kita masih hidup, taubat itu masih diterima. Nabi shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ.

Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama (ruh) belum sampai di tenggorokan” (HR. Tirmidzi, dari Ibnu Umar Radhiyallahu’anhuma).

Taubat dari dosa adalah cara terbaik untuk meraih ampunan dari Allah Ta’alaa, karena tanpa ampunan darinya, mustahil kita bisa menggapaii surga dan kemenangan kelak di hari akhir. Pun, taubat yang sesungguhnya adalah dengan tidak melakukan dosa dan perkara maksiat lainnya.

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat Allah. Lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka (beristighfar), siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu (bertaubat), sedang mereka mengetahui” (QS. Ali Imron : 135).

Baca Juga :  Nabi Nuh ‘Alaihissalam dan Banjir Terdahsyat Sepanjang Masa

Lalu, ada salah satu istighfar yang bisa membuat semua dosa kita terhapus. Inilah istighfar yang mempunyai pengaruh yang sangat besar dan dianjurkan. Dalam hadits At Timridzi, Abu Dawud, dan Al Hakim bahwa, barangsiapa membaca istighfar dibawah ini, maka akan diampunkan dosanya, meskipun ia telah lari dari medan jihad yang sedang berkecamuk (dimana dosanya sangat besar sekali):

أَسْتَغْفِرُ الله الَّذِي لآ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الحَيُّ القَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullahal-ladzi la ilaha illa Huwal-Hayyul-Qayyum, wa atubu ilaih” (Aku memohon ampun kepada Allah, Yang tiada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Mengurus, dan aku bertobat kepada-Nya).

Untuk lebih lengkapnya bisa disimak video berikut.

Wallahu a’lam bish shawab.

Baca Juga : Antara Kebaikan yang Terang-Terangan atau Tersembunyi, Manakah yang Lebih Utama?

Originally posted 2017-08-05 05:13:15.