Waspadalah! Rasulullah Melarang Kita Shalat di Waktu Ini

SUmber Foto Dari: rumahhufazh.or.id

Meski shalat merupakan ibadah yang perintahnya jelas difardhukan bagi setiap muslim, juga menjadi salah satu ibadah penentu dari bernilai atau tidaknya amal kebaikan lain, tetapi ternyata tidak setiap waktu dibolehkan untuk mengerjakannya.

Selama ini mungkin kita hanya tahu waktu-waktu yang dibolehkan, bahkan diwajibkan untuk menjalankan ibadah shalat. Meski tidak pasti juga di setiap waktu-waktu itu kita benar menjalankan atau justeru dengan santai meninggalkan. Belum tentu juga kita sudah mendirikan dengan tegak shalat yang ditentukan waktunya, lima kali dalam satu hari. Sebab cukup banyak manusia yang masih merasa jika hidupnya di dunia lebih utama dari kewajibannya menghamba pada Sang Maha Kuasa.

Dalam Islam, sebuah syariat diturunkan semata-mata untuk menjadi landasan bagi umat dalam berkehidupan. Tiada ketetapan yang tanpa alasan. Termasuk saat dilarangnya beberapa waktu untuk menjalankan ibadah shalat. Dalam sebuah hadist shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i dan Ibnu Majah, “Tiga waktu yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kami shalat atau mengubur orang-orang mati kami pada saat itu: ketika matahari terbit hingga naik, ketika pertengahan siang hingga matahari tergelincir, ketika matahari condong ke barat hingga tenggelam.”

Baca Juga: MasyaAllah! Ternyata Yang Kita Kejar-Kejar Selama Ini Lebih Hina dari Bangkai

Setidaknya ada tiga waktu yang dilarang oleh Rasulullah untuk mendirikan shalat. Dalam penjelasan Imam Muslim pada sebuah riwayatnya, terdapat beberapa alasan mengapa Rasulullah melarang kita mendirikan shalat di waktu-waktu tersebut:

(1) Ketika matahari terbit hingga naik. Rasulullah menjelaskan, Kerjakanlah shalat subuh, kemudian hentikanlah shalat hingga matahari terbit dan naik. Karena sesungguhnya ketika terbit, matahari berada di antara dua tanduk syaitan. Pada waktu itu orang-orang kafir sujud kepada matahari. Setelah itu shalatlah. Karena sesungguhnya shalat tersebut disaksikan dan dihadiri. Hingga bayangan naik setinggi tombak. Kemudian hentikanlah shalat.

(2) Ketika pertengahan siang hingga matahari tergelincir –  Karena waktu itu Jahannam bergolak. Jika bayangan telah condong ke arah barat, maka shalatlah, karena sesungguhnya shalat itu sendiri dihadiri dan sisaksikan. Hingga engkau shalat ‘Ashar. Kemudian hentikanlah shalat hingga matahari terbenam.

(3) Ketika matahari condong ke barat hingga tenggelam. Karena sesungguhnya ia terbenam di antara dua tanduk syaitan. Dan ketika itu orang-orang kafir sujud kepada matahari.

Dalam sebuah penjelasan Rasulullah pun sudah mengingatkan, barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk dari bagian kaum itu. Demikian pulalah sebab dilarangnya shalat pada dua waktu, yakni selepas subuh dan menjelang magrib. Karena pada kedua waktu itu orang-orang kafir, penyembah matahari sedang melaksanakan ritual penyembahan mereka.

Selepas subuh tidak ada shalat ba’diyah, Rasulullah hanya mensyariatkan kepada kita untuk melafadzkan sebanyak-banyaknya dzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sambil menunggu tiba waktu terbitnya matahari, yang kemudian disyariatkan untuk shalat dua rakaat. Bergeser sejenak hingga tiba waktu dhuha, saat matahari setinggi tongkat bayangannya.

Tiada pula shalat di saat matahari tepat berada di atas kepala. Sebab saat itulah Jahannam bergejolak. Bergesernya matahari ke arah barat ditandai dengan masuknya waktu dzuhur. Begitu pula dengan selepas azar, tidak ada syariat untuk melaksanakan shalat ba’diyah, sebab di saat itu orang-orang kafir sedang melakukan penyembahan kepada matahari yang terbenam. Hingga matahari bergeser sedikit menandakan tibanya waktu maghrib.

Ketentuan seperti demikian penting untuk dipahami, agar layaknya kita tidak beragama secara seadanya. Tanpa ilmu dan pengetahuan yang dapat mengantarkan kita pada bernilainya amal ibadah di sisi Allah.

Baca Juga: Penting Untuk Para Muslimah! Membaca Al-Qur’an Dalam Keadaan Haid, Bolehkah?

Originally posted 2017-08-05 10:37:29.