Keutamaan Istighfar ini Mampu Membukakan Pintu Kebahagiaan Dunia Akhirat

 

Sumber foto dari wallpaperislami.com

Pada dasarnya setiap insan mendambakan kehidupan yang bahagia dunia akhirat. Terutama tentang kebahagiaan duniawi yang seringkali dikejar bahkan adapula individu yang menggunakan cara yang kurang benar dalam mendapatkannya. Kunci kebahagiaan menjadi hal yang pokok bukan hanya sebagai keinginan manusia namun juga kebutuhan hidup. Lalu apakah istighfar mampu membuka pintu kebahagiaan tersebut? Yuk simak ulasannya.

  • Istighfar Mampu Membuka Pintu Kebahagiaan

Dalam suatu hadits dijelaskan, bahwasanya istighfar dapat membuka pintu kebahagiaan, yatu ketika hari kiamat.

“Barangsiapa yang ingin bahagia dengan catatan amalnya (pada hari kiamat), hendalah dia beristighfar kepada Allah.” (HR. Ath-Thabrany0

  • Istighfar Mampu Menghapus Dosa

Dalam suatu ayat Al Qurabn dijelaskan, bahwasanya istighfar dapat nghapuskan dosa. Bahwasaya Allah berfirman:

“Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.
Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.” (QS. Ali Imran : 133 – 136)

Dalam ayat lain juga dijelaskan, bahwasnya Allah bersabda:

“Sesungguhnya jika seorang mukmin melakukan dosa, maka tertorehlah noda hitam dihatinya. Apabila ia bertaubat dan berhenti dari dosa itu dan memohon ampun kepada Allah, maka hatinya mejadi bersih dari noda tersebut. Apabila dosanya bertambah, maka bertambah pula noda tersebut sampai menutupi hatinya. Itulah noda yang disebutkan oleh Allah dalam firman-Nya : ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutup (menjadi noda) hati mereka.” (QS. al-Muthaffifiin: 14)

  • Istighfar Mampu Membuka Pintu Rizki

Dalam suatu ayat Al Quran dijelaskan, bahwasanya:

Beristighfarlah kepada Tuhanmu – sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun – niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan(pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”. (QS. Nuh :10-12)

  • Istighfar Mampu Membuka Rahmat Allah

Dalam suatu ayat Al Quran dijelaskan, bahwasanya:

Dia berkata: “Hai kaumku mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat”.(QS. An-Naml : 46)

Baca Juga: Agar Doa Segera Dikabulkan, Perhatikan Waktu yang Tepat ini!
  • Istighfar Mampu Menjauhkan dari Siksa Allah

Dalam suatu ayat Al Quran dijelaskan, bahwasanya:

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfal: 33)

  • Istighfar Mampu Menguatkan Jiwa

Dalam suatu ayat Al Quran dijelaskan, bahwasanya:

Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.”(QS. Hud : 52)

  • Istighfar Mampu Membuka Jalan Keluar dari Permasalahan

Dalam suatu hadits dijelaskan, bahwasanya:

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Karena Allah telah menyiapkan jalan keluar bagi setiap permasalahan kita, tak ubahnya diperlukan ikhtiar untuk mampu meraih jalan keluar yang telah dipersiapkan tersebut, melalui cara yang haq serta sesuai kaidah-kaidah Islam. Karena sesungguhnya bersama dengan ikhtiar lah jalan menuju terbukanya pintu kebahagiaan.

Wallahu A’lam  Bisshawab

Baca Juga: Memejamkan Mata Saat Sholat, Apakah Dilarang?

Originally posted 2017-08-06 01:05:15.