Inilah 10 Tips Agar Selalu Istiqomah yang Harus Diketahui

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Setiap muslim muslimah dalam beragama Islam, diperintahkan untuk senantiasa beramal saleh dan selalu berbuat kebaikan. Artinya ummat Islam harus senantiasa menjaga hubungan baik antara ia dan Rabnya, serta antara ia dan sesama manusia. Selama menjalankan setiap kewajiban, setiap muslim pasti mengalami pasang surut semangat dalam ibadah. Adakalanya semangat beribadah terus memburu dan pada saat tertentu pula semangat ibadah menjadi lesu.

Sebagian besar ummat Islam menjadi sangat semangat dalam beribadah, ketika ia merasa sesuatu yang ia inginkan berhasil dicapainya. Dan begitu pula sebaliknya, ummat Islam akan turun semangat beribadahnya saat apa yang ia inginkan tidak tercapai. Padahal sejatinya, setiap amal ibadah yang dilakukan ummat Islam itu untuk dirinya sendiri.

Sehubungan dengan perlunya menjaga agar ummat Islam senantiasa dalam semangat beribadah. Maka sangat penting untuk mengetahui tips menjaga keistiqomahan dalam beribadah. Keistiqomahan itu dapat setiap muslim raih dengan ijin Allah, jika setiap muslim terus berusaha memperbaiki dirinya, mencari ilmu untuk memperbaiki diri dan juga secara berkala senantiasa mengamalkan ilmu yang telah ia peroleh.

Baca Juga : Nabi Dzulkilfli ‘Alahissalaam, Teladan dalam Istiqomah

Keutamaan istiqomah juga telah Allah kabarkan melalui surat cintanya yang selalu terjaga sepanjang masa yakni Al-Qur’an. Terdapat dalam Al-Qur’an surat Fushshilat ayat 30

Yang Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan Kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian (istiqomah) mereka, Maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.

Dalam buku Asyru Qowa’id fil Istiqomah yang ditulis oleh Syaikh Abdur Razzaq Al-Badr Hafizhahullah membahas tentang 10 tips agar selalu istiqomah. Dengan pertolongan taufik dan hidayah dari Allah, beliau berhasil memaparkan tentang tips istiqamah yang benar. Berikut ini penjabarannya.

  1. Istiqomah itu mutlak pemberian dari Allah, maka dari itu mintalah pada Allah agar selalu diberikan keistiqomahan dalam jalan yang lurus. Senantiasalah berdo’a karena Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang senantiasa berdo’a, dan membenci mereka yang menyombongkan diri dalam menyembah-Nya. Lihat Al-Qur’an surat Gafir ayat 60.
  2. Istiqomah tetap di jalan yang benar, agar diri tetap istiqomah dalam jalan yang benar setiap individu memerlukan kerabat yang bisa menguatkan setiap langkahnya menuju kebaikan.
  3. Keistiqomahan hati, diperoleh dengan cara terus meng-upgrade iman dalam hati. Menghadirkan diri setiap ada majlis dzikir dan ilmu, guna mempebarui keimanan dalam diri.
  4. Istiqomah sesuai sunnah, atau mendekatinya yakni berusahalah agar senantiasa mengamalkan sunnah-sunnah yang biasa dikerjakan Rasulullah. Jika terlalu berat mengerjakan seluruh sunnahnya minimal kita mengamalkan sebagian sunnahnya.
  5. Istiqomah dalam perkara ucapan, perbuatan, dan niat. Pelajarilah bagaimana cara berucap, berbuat dan niat yang sesuai dengan anjuran Rasulullah. Amalkan semuanya secara kontinu.
  6. Istiqomah karena Allah, kekalkan dalam hati bahwa kita istiqomah ikhlas lillahi ta’ala.
  7. Setelah mampu istiqomah tidak menjadi lupa, setelah kita mampu untuk beristiqomah dalam jalan yang lurus serta tidak kembali pada hal-hal yang tidak berbuah pahala disisi-Nya. Maka tetaplah bersandar dan senantiasa mengharap ridha Allah, tidak menyombongkan diri dengan bergantung kepada setiap amal yang telah kita lakukan sehingga penuh percaya diri akan masuk surga karena amal tersebut.
  8. Hasil dari istiqomah di dunia yakni pertolongan saat melewati jembatan shiroth di hari kiamat
  9. Subhat dan syahwat penghalang istiqomah, maka segeralah tanggalkan setiap perkara yang cenderung pada subhat dan sedikit manfaatnya, serta jauhi diri dari cenderung mengikuti hawa nafsu syahwat.
  10. Meniru orang kafir (tasyabbuh) penghalang istiqomah. Kita sebagai ummat Islam memiliki panutan dan teladan yang terbaik yakni Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Maka untuk tetap istiqomah dalam jalan yang lurus sudah sepantasnya kita meninggalkan menjadikan orang kafir sebagai idola, dan menjadikan Nabi kita sebagai the best idola kita.

Demikian 10 tips agar selalu istiqomah yang harus diketahui dan diamalkan. Pada dasarnya meraih lebih mudah dari mempertahankan, begitu pula dengan mempertahankan kualitas ibadah. Maka, kita sebagai muslim harus mengetahui cara  memulai dan memotivasi diri agar selalu istiqomah dalam beribadah.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Menggapai Hidup Bahagia dengan Istiqomah

Originally posted 2017-08-07 04:38:45.