Allah Akan Meninggikan Derajat & Para Malaikat Menaungi dengan Sayapnya Bagi Orang yang Melakukan Hal Sederhana ini!

 

Sumber foto dari penamotivasi.wordpress.com
HIJAZ.ID Segala amalan yang dilakukan manusia dengan ikhlas merupakan ibadah, sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan maka Allah akan membalasnya berlipat ganda dengan kebaikan. Namun terdapat ibadah yang sangat mudah kita jumpai dan lakukan yang ketika melakukannya Allah akan mengangkat derajatnya serta malaikat akan membentangkan sayap baginya, serta Allah akan memudahkan jalan ke menuju surga padanya. Lalu jenis ibadah apakah itu? Yuk simak ulasannya.

Dalam QS. Al Mujadilah disebutkan bahwasanya Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu pengetahuan, dengan demikian menuntut ilmu merupakan ibadah yang sangat Allah cintai dan ridhoi. Sebagaimana yang disebutkan dalam ayat tersebut, bahwasanya Allah berfirman:

“… Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Qs. Al-Mujadilah: 11)

Dalam suatu hadits dijelaskan pula tentang keutamaan menuntut ilmu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada di dalam air.”

(Hadits shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 3641), Tirmidzi (no. 2682), Ibnu Majah (no. 223), Ahmad (V/196), Ad-Darimi (I/98), Ibnu Hibban (88 – Al-Ihsan dan 80 – Al-Mawarid), Al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (I/275-276, no. 129), Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (I/174 ,no. 173), dan Ath-Thahawi dalam Musykilul Atsar (I/429), dari Abud Darda’ Radhiyallahu’anhu)

Baca Juga: Taman Surga di Dunia, Ternyata Disinilah Tempatnya!

Karena terlampau besarnya fadhilah mencari ilmu, maka ilmu pun menjadi salah satu amal jariyah ketika seseorang telah meninggal. Sebagaimana dalam hadits bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Apabila seorang manusia meninggal dunia, amalannya terputus, kecuali tiga hal (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendo’akannya.” (Hadits shahih, diriwayatkan oleh Muslim (no. 1631), Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad (no. 38), Ahmad (II/372), Abu Dawud (no. 2880), An-Nasa’i (VI/251), Tirmidzi (no. 1376), Al-Baihaqi (VI/278), dan Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (I/103 ,no. 52), dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu)

Imam Sufyan Ats-Tsauri Rahimahullah pernah berkata:

“Kebaikan di dunia adalah rizki yang baik dan ilmu, sedangkan kebaikan di akhirat adalah Surga.” (Lihat Jami’ Bayanil ‘Ilmi wa Fadhlihi (I/230) dan Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga (hal. 39))

Dalam hadits lain disebutkan pula bahwasanya:

 “Ketahuilah, sesungguhnya dunia itu dilaknat dan dilaknat pula apa yang ada di dalamnya, kecuali dzikir kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya, seorang ‘alim, dan seorang yang menuntut ilmu.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi (no. 2322), Ibnu Majah (no. 4112), Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (no. 1708), Ibnu Abi ‘Ashim dalam Az-Zuhd (no. 57), dan Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (I/150, no. 135), dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu)

Dalam pernyataan lain juga disebutkan dengan sangat dianjurkannya mencari ilmu.  Syaikh Salim Al Hilali berkata:

”Majlis dzikir-majlis dzikir adalah halaqah-halaqah ilmu yang diadakan di rumah-rumah Allah untuk belajar, mengajar dan mencari pemahaman terhadap agama.” (Bahjatun Nazhirin Syarah Riyadhush Shalihin, 2/521, Cet. 1, Th. 1415 H/ 1994 M.)

Dalam hadits lain disebutkan bahwasanya:
Keutamaan ilmu adalah lebih baik dari pada keutamaan ibadah. Dan sebaik-baik agama kalian adalah ketakwaan.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Ausath (no. 3972) dan Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (ta’liq hadits no. 96 sebagai syahid), dari Hudzaifah bin Al-Yaman Radhiyallahu’anhu)
Dengan demikian menuntut ilmu merupakan ibadah yang sangat Allah cintai, dalam prosesnya Allah memberikan pula keutamaan-keutamaan. Majelis ilmu pun sangat mudah untuk diakses pada zaman sekarang ini, sangat sederhana dan dimudahkan dengan berbagai tekonologi, tergantung bagaimana seseorang berniat dan mau mencari keutamaan-keutaam dari ilmu tersebut.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Bedakan Saudara yang Halal dan Haram untuk Dinikahi!

Originally posted 2017-08-08 23:53:24.