Doa Orang-Orang inilah yang Mudah Dikabulkan oleh Allah

 

Sumber foto dari islamidia.com
HIJAZ.ID Doa merupakan sarana penghubung antara seorang hamba dengan Allah. Doa merupakan tempat dimana seorang makhluk diperkenankan untuk meminta segala hal yang dibutuhkan dan diinginkan kepada Allah, bahkan doa merupakan hal yang sangat dianjurkan. Lalu golongan orang yang manakah yang doanya mudah untuk dikabulkan? Yuk simak ulasannya.
Orang Muslim Shalih yang Berdoa Tentang Kebaikan

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi menjelaskan bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Tidaklah seorang berdoa kepada Allah, melainkan Allah akan mengabulkan apa-apa yang dimintanya atau mencegah darinya keburukan yang akan menimpanya, yang setara dengan apa yang dimintanya, selama dia tidak meminta untuk suatu perbuatan dosa atau memutus silaturrahim.”

Doa Anak yang Berbakti Pada Orang Tua

Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Akan datang padamu semua, seorang bernama Uwais bin ‘Amir beserta sepasukan mujahidin dari ahli Yaman, ia keturunan Murrad dari Qaran. Ia mempunyai penyakit supak lalu sembuh dari penyakitnya itu, kecuali di suatu tempat sebesar uang dirham. Ia juga mempunyai seorang ibu yang ia amat berbakti kepadanya. Andai kata orang itu bersumpah akan sesuatu atas nama Allah, pasti Allah akan melaksanakan sumpahnya itu dengan sebab amat berbaktinya pada ibuny. Maka jikalau engkau kuasa meminta padanya agar ia memintakan pengampunan kepada Allah untukmu, maka lakukaknlah itu!” Oleh sebab itu, mohonkanlah pengampunan kepada Allah untukku. Uwaus lalu memohonkan pengampunan untuk Umar.” (Hadits shahis Muslim: 2542)

Doa Orang Tua Kepada Anaknya & Doa Seorang Musafir

Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi, rawi keduanya yaitu Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya, doanya orang tua (maksudnya untuk anaknya), doa seorang musafir, dan doanya orang yang terdzalimi.”

Doa Orang yang Terdzalimi & Orang yang Berpuasa

Selain hadits yang tersebut diatas juga dijelaskan dalam hadits lainnya, dari Imam Tirmidzi bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, pemimpin yang adil, orag yang berpuasa hingga dia berbuka, serta doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (Hadits yang dinilai hasan oleh Imam Tirmidzi dan Hafidz Ibnu Hajar)

Dalam hadits lain disebutkan, dari Muadz bin Jabal Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Takutlah kepada doa orang-orang yang teraniyaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah (untuk mengabulkan)”. (Shahih Muslim, kitab Iman 1/37-38)

Baca Juga: Bagaimana Islam Mengatur Tentang Zakat?

Doa Orang Muslim Kepada Saudaranya Tanpa Sepengetahuan Orang Tersebut

Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Sesungguya doanya seorang muslim kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah dikabulkan, dan dis isi kepalanya ada malaikat (yang ditugaskan kepadanya, setipa kali berdoa kepada saudaranya dengan kebaikan), para malaikat berkata, “Aamiin dan bagimu yang semisalnya.” (HR. Muslim)

Doa Orang yang Dilanda Musibah

Dalam ayat Al Quran, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah ada Tuhan (yang lain)?. Amat sedikitlah kamu mengingat-Nya.” (QS. An-Naml: 62)

Doa Orang yang Sedang Lapang dan Bahagia

Dalam suatu hadits dijelaskan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa yang ingin doanya terkabul pada saat sedih dan susah, maka hendaklah memperbanyak berdoa pada saat lapang”. (Sunan At-Tirmidzi, kitab Da’awaat bab Da’watil Muslim Mustajabah 12/274. Hakim dalam Mustadrak. Dishahihkan oleh Imam Dzahabi 1/544. Dan di hasankan oleh Al-Albani No. 2693)

Sungguh sangat banyak pintu yang Allah berikan bagi makhluk-Nya yang ingin menggapai kebahagiaan. Lewat doa pun Allah telah memberikan kesempatan bagi makhluk-Nya untuk berdoa, baik dalam keadaan sedih atau bahagia, sempit maupun lapang. Sungguh hanya kepada-Nya lah segala sesuatu berhak disandarkan.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Surah At-Taubah, Satu-Satunya Surah Al Quran Tanpa Bacaan Basmalah, Mengapa Demikian?

Originally posted 2017-08-09 14:06:36.