Syafaat Pada Hari Kiamat dapat Diperoleh dengan Amalan ini!

 

Sumber foto dari griyaquran.org
HIJAZ.ID Keselamatan merupakan hal yang pokok dibutuhkan bagi setiap manusia, baik di dunia maupun di akhirat nanti terutama saat hari kiamat. Karena saat hari kebangkitan tersebut tidak ada bagi kita untuk meminta pertolongan kepada sesama, saudara, ataupun keluarga. Namun amalan ini mampu memberikan syafaat bagi kita apabila mau mengamalkannya. Amalan apakah tersebut? Yuk simak ulasannya.

Berdasarkan hadits, amalan yang dimaksud adalah bersholawat atas Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, yang mana dengan bersholawat maka Rasulullah senantiasa akan memberikan syafaat di hari kiamat kelak, sebagaimana yang tercantum dalam hadits, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku, maka aku akan memberinya syafaat pada hari kiamat.” (Hadits riwayat Ibnu Syahiin dalam at-Targhib dan Ibnu Basykawal).

Anjuran Tentang Bersholawat

Dalam suatu Ayat Al Quran, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al Ahzab: 56)

Dalam suatu ayat lain, Allah Subahanahu wata’ala berfirman:

Dialah yang bershalawat kepadamu (wahai manusia) dan malaikat-Nya (dengan memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS al-Ahzaab:43)

Disebutkan pula hadits bahwa sangat dianjurkan untuk memperbanyak sholawat pada hari dan malam jumat. Bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Al-Baihaqi (III/249) dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, sanad hadits ini hasan. Lihat Silsilatul Ahaadiits ash-Shahiihah (No. 1407) oleh Syaikh al-Albani Rahimahullah)

Hadit lain menyebutkan dari Ali bin Abu Thalib berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Manusia bakhil adalah orang yang disebut namaku di sisinya, tetapi tidak membaca shalawat kepadaku.” (Dikeluarkan Imam at-Tirmidzi dan beliau berkata bahwa hadits hasan shahih. Dan juga dikeluarkan Imam Nasa’i, Ibnu Hibban dal al-Hakim).

Namun meskipun demikian, Rasulullah menganjurkan pula untuk tidak terlalu berlebihan dalam memuji beliau, dikarenakan setan sangat ingin membujuk manusia untuk melakukan hal-hal yang berlebihan. Dalam suatu hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Wahai manusia, ucapkanlah dengan yang biasa (wajar) kalian ucapkan! Jangan kalian terbujuk oleh syaithan, aku (tidak lebih) adalah Muhammad, hamba Allah dan Rasul-Nya. Aku tidak suka kalian mengangkat (menyanjung)ku di atas (melebihi) kedudukan yang telah Allah berikan kepadaku.” (HR. Ahmad (III/153, 241, 249), an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah (No. 249, 250) dan al-Lalika-i dalam Syarah Ushuul I’tiqaad Ahlis Sunnah wal Jamaa’ah (No. 2675). Sanadnya shahih dari Sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu)

Baca Juga: Ternyata Ada Umat Islam yang Kafir, Inilah Penyebabnya!
Keutamaan Bersholawat

Berdasarkan hadits dari Umar bin Khattab dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali shalawat, maka Allah akan membalas sepuluh kali shalawat dan mengangkatnya sepuluh derajat.” (Dikeluarkan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu Abu Syaibah, al-Bazzar, Ibnu Syahiin dan al-Ismaili dengan sanad ma’lul)

Dan sungguh masih banyak lagi keutamaan dalam bersholawat atas Rasulullah. Semoga sholawat serta salam senantiasa selalu tercurahkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, yang kelak syafaatnya mampu menolong kita di yaumul qiyamah.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Doa Orang-Orang inilah yang Mudah Dikabulkan oleh Allah

Originally posted 2017-08-09 22:43:59.