Ketika Jodoh Terasa di Depan Mata Tapi Berlalu Begitu Saja, Berprasangka Baiklah!

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Manusia sebagai makhluk sosial yang selalu memerlukan orang lain untuk menjalankan kehidupan sehari-harinya. Oleh sebab itu, pada saatnya setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan akan mencari belahan jiwanya untuk menapaki sisa-sisa kehidupannya bersama di dunia. Berharap mencapai visi dan misi dalam hidupnya bersama-sama.

Sejalan lurus dengan hal tersebut, Allah telah menciptakan manusia berpasang-pasangan dari jenis laki-laki dan perempuan. Hal tersebut sudah menjadi hal yang lumrah, karena janji Allah ketika laki-laki atau perempuan sudah saatnya untuk menjalankan ibadah yakni berumah tangga, maka akan Allah tampakan jodoh baginya. Tinggallah menunggu waktu yang tepat yang sudah Allah takdirkan, laki-laki dan perempuan akan saling melengkapi dalam menaungi bahtera rumah tangga. Allah Subhanallahu wa Ta’alla berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya.

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Ruum: 21)

Baca Juga : Haramkah Jika Menerima Lamaran Nikah Dua Kali?

Pada fitrahnya manusia pada saatnya akan mulai mencari dan bertanya-tanya tentang keberadaan jodohnya. Oleh karena itu, Allah telah berfirman agar manusia bersabar dan senantiasa berperasangka baik pada Allah mengenai jodohnya. Semua telah Allah atur dengan sebaik-baiknya takdir, tinggal diri kita yang memataskan diri agar sebanding dengan jodoh terbaik yang Allah berikan.

Rahasia tentang jodoh telah Allah berikan bocorannya terdapat dalam firman-Nya dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 26 yang artinya.

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezki yang mulia (surga).”

Ketika datang seorang laki-laki kepada seorang perempuan dan berniat untuk melamarnya. Atau sebaliknya, ketika seorang laki-laki mendatangi seorang wanita idamannya dengan niat untuk melamarnya. Laraman tersebut diterima, mulai tumbuhlah benih rasa suka para diri masing-masing. Namun, ketika Allah berkehendak yang lebih baik. Menjelang hari pernikahan dibatalkanlah lamaran itu oleh pihak laki-laki yang melamar atau ditolak oleh pihak perempuan yang dilamar. Maka, berprasangka baiklah kepada Allah tentang hal ini.

Sebagaimana kisah luar biasa seorang yang shalih lagi pintar yang ditolak lamarannya, padahal tidak ada sesuatu kekurangan apapun dalam dirinya. Untuk lebih lengkapnya simak video ini.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Belum Juga Menemukan Jodoh, Mungkin Ini Penyebabnya!

Originally posted 2017-08-10 05:10:43.