Sudah Jadi Muslim Tapi Sulit Ibadah Sunnah? Inilah Penyebabnya!

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Ibadah merupakan perintah yang Allah berikan bagi seluruh manusia. Perintah ini pun sudah banyak orang yang mempercayai bahwa benar datangnya bukan dari manusia, melainkan datangnya dari Allah Subhanallahu wa Ta’alla. Namun, hanya segelintir orang yang dapat melaksanakan perintah Allah tersebut (ibadah). Mereka orang yang segelintir itulah orang-orang yang diberikan cahaya iman dalam hatinya.

Adapun orang yang percaya bahwa perintah untuk beribadah datang dari Allah, namun menolak untuk melaksanakannya. Mereka itulah orang-orang yang telah ditutup mata hatinya dari kebenaran. Hal ini terjadi pada ratusan abad yang lalu. Ketika Rasulullah menyeru suku Quraisy kepada jalan yang lurus. Pada saat itu Rasulullah tersohor dengan kejujurannya, semua masyarakat tanpa terkecuali pun mempercayai setiap perkataannya. Namun, Abu Jahal yakni paman Rasulullah menolak mentah-mentah seruan tersebut, padahal Abu Jahal tahu dan yakin bahwa seruan tersebut benar adanya.

Lalu bagaimana dengan ummat Islam yang merasa sulit dalam melaksanakan ibadah, padahal mereka sudah yakin dan mempercayai bahwa ajaran Islam ini benar adanya. Inilah penjelasannya!

Baca Juga : Waspadalah Ketika Diri Merasa Malas dalam Beribadah, Perkara Ini Solusinya!

Pada dasarnya setiap manusia akan cenderung pada apa yang biasa mereka kerjakan. Begitu pula dengan ummat Islam yang ingin beribadah namun terasa begitu sulit. Padahal jelas mereka punya kesehatan dan kondisi fisik yang sempurna, serta adanya waktu luang. Namun, mereka tak pernah mampu melaksanakan ibadah sunnah malam misalnya. Dalam ceramah Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA menjabarkan bahwa kadang-kadang rasa malas itulah yang menghalangi setiap pelaksanaan ibadah.

Rasa malas muncul dalam diri dan menghalangi mengerjakan shalat sunnah, dikarenakan adanya maksiat atau dosa dalam diri yang harus segera dikeluarkan. Karena kecendrungan manusia pada apa yang mereka kerjakan. Maka jika mata yang kita miliki cenderung melihat pada yang jelek-jelek, maka mata itu tidak akan peka pada setiap melihat hal-hal yang baik. Karena yang baik tidak mungkin akan bercampur pada kejelekan.

Mata yang sering melihat pada hal yang tidak disukai oleh Allah, ketika diajak untuk melihat segala hal yang diperintahkan oleh Allah, seperti melihat Al-Qur’an. Maka mata itu tidak akan merasa mampu, dan merasa malas. Begitu pula dengan pendengaran dan anggota tubuh yang lainnya. Padahal jelas Allah telah memerintahkan kita untuk menjaga mata, telinga dan seluruh anggota tubuh dari berbuat maksiat atau segala hal yang tidak disukai Allah.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 30 dan 31 yang berbunyi:

Artinya: 30. “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat”. 31. “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah Menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”.

Untuk lebih lengkapnya silahkan simak video berikut ini:

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Ahli Ibadah Tetapi Masih Bermaksiat, Apakah Kita Termasuk Orang yang Seperti Itu?

Originally posted 2017-08-10 05:03:23.