Golongan Wanita inilah yang Tidak Bisa Mencium Bau Surga

 

Sumber foto dari faridnoblemans.wordpress.com

Wanita merupakan makhluk istimewa yang Allah ciptakan, bahkan Allah Subhanahu wata’ala telah menciptakan surah tersendiri dalam Al Quran yaitu surah An-Nisa. Keistimewaan dari wanita tersebut haruslah dijaga dan dirawa sebaik-baiknya. Namun diantaranya terdapat golongan wanita yang berdasarkan hadits golongan wanita tersebut tidak akan mencium bau surge. Lantas golongan wanita yang seperti apakah itu? Berikut simak ulasannya.

Wanita yang Berpakaian Namun Telanjang

Hadits tentang hakikat wanita yang memakai pakaian namun telanjang tersebut yaitu wanita yang menggunakan pakaian namun ketat dan terlihat bentuk lekuk tubuhnya, tubuhnya dibalut pakaian namun tipis dan terlihat kulitnya, dan tidak menutup auratnya. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal baunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128).

Wanita yang Mengubah Warna Rambutnya

Yaitu orang yang dengan sengaja mengubah warna rambutnya yang asli, dalam hadits dijelaskan bahwa larangan mengecat warna rambut tersebut terutama jika mengecat dengan warna hitam, namun pada dasarnya mengubah apa yang sudah diciptakan Allah merupakan suatu hal yang tidak dianjurkan. Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya:

“Pada akhir zaman nanti akan ada orang-orang yang mengecat rambutnya dengan warna hitam seperti warna mayoritas dada merpati, mereka tidak akan mendapat bau surga.” (HR. Abu Daud; shahih)

Wanita yang Sombong

 Dalam hadits telah dijelaskan bahwasanya bagi seseorang yang dihatinya terdapat kesombongan meskipun sebesar biji sawi, maka Allah akan memperhitungkannya. Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya:

“Tidak masuk surga, seseorang yang di dalam hatinya ada kesombongan, meskipun seberat biji sawi.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Islam Melarang Posisi Tidur Tengkurap

Wanita yang Memburu Duniawi Saja

Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya:

“Barangsiapa menuntut ilmu yang seharusnya untuk Allah, namun ia tidak menuntutnya kecuali untuk mencari dunia, maka pada hari kiamat ia tidak akan mendapatkan bau surga.” (HR. Ibnu Majah, Abu Daud dan Ahmad; shahih)

Wanita yang Tidak Mengakui Orang Tuanya

Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya:

“Barangsiapa mengaku keturunan dari orang lain yang bukan ayahnya sendiri tidak akan mendapatkan bau surga. Padahal bau surga telah tercium pada jarak tujuh puluh tahun, atau tujuh puluh tahun perjalanan.” (HR. Ahmad; shahih)

Wanita yang Meminta Cerai Tanpa Alasan

Wanita yang meminta cerai tanpa suatu alasan yang pasti, maka disebutkan bahwasanya wanita tersebut tidak akan mencium bau surga. Dalam suatu hadits dijelaskan bahwasanya:

“Siapa pun wanita yang meminta talak pada suaminya tanpa alasan maka bau surga haram baginya.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad; shahih)

Dengan demikian seorang wanita hendaknya tidak hanya merawat fisiknya saja namun juga akhlaknya. Karena sesungguhnya dibalik seseorang yang berikhtiar untuk memperbaiki diri, maka Allah akan memberikan kebaikan pula baginya.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Hukum Meminta Rajah dan Ajimat Menurut Islam

Originally posted 2017-08-10 14:15:15.