Amalan Istimewa Hari Jum’at yang Sering Terlupakan!

Sumber Foto Dari: satoetoedjoehdelapan.blogspot.com

Selain identik dengan kewajiban kaum muslim untuk menunaikan shalat jum’at, ternyata hari jum’at menyimpan banyak keistimewaan lain di sisi Allah. Bahkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam mengabarkan bahwasanya orang-orang yang benar-benar menjadikan hari jum’at sebagai hari yang sakral yakni dengan dengan menunaikan kewajiban dan sunnah-sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah, maka orang tersebut akan mendapatkan ampunan Allah subhanahu wata’ala atas dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Sebuah hadist riwayat Imam Muslim menyatakan keutamaan hari Jum’at, “Antara sholat lima waktu, hari jumat hingga hari jumat berikutnya, bulan Ramadhan hingga bulan Ramadhan berikutnya, termasuk menjadi penghapus dosa-dosa, kecuali dosa-dosa besar.”

Berikut adalah amalan-amalan istimewa pada hari jum’at yang sering kali terlupakan.

(1) Ketika shalat subuh di hari jum’at dianjurkan membaca surat As-Sajdah dan Surat al-Insan. Imam Muslim dalam riwayatnya menerangkan, bahwasanya Nabi Shallalahu alaihi wasallam biasa membaca pada shalat subuh di hari jumat “Alam Tanzil…” (Surat As-Sajdah) pada rakaat pertama dan “Hal ataa ‘alaa insani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (Surat Al-Insan) pada rakaat kedua.”

(2) Memperbanyak membaca shalawat Nabi. Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dengan jelas menyatakan, Perbanyaklah sholawat kepadaku pada hari jumat, karena sholawat kalian itu ditampakkan kepadaku. Kemudian sahabat bertanya pada Nabi Muhammad. Bagaimana mungkin sholawat kami ditampakkan, sementara engkau wahai Rasulullah telah wafat? Nabi-pun menjawab: Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi memakan jasad para Nabi.”

Baca Juga: Mau Makan yang Mendatangkan Pahala? Begini Caranya!

(3) Dianjurkan membaca surat Al-Kahfi. Tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh Hakim, “Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari jum’at, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua hari jumat

(4) Memperbanyak do’a. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari jum’at dalam hadist riwayat Hakim, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang Muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkannya dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.

(5) Menjalankan sunnah-sunnah Rasulullah yang lainnya, seperti mandi jum’at, memotong kuku, merapikan rambut, berbusana rapi dan wangi, dan bersuci. Hendaknya juga berangkat lebih awal, sebab ada dua malaikat yang menunggu di depan pintu masjid membawa buku catatan. Sebelum kemudian pergi sesaat setelah adzan berkumandang.

Dalam sebuah riwayat Imam Muslim, Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi jum’at, lalu ia shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai, kemudian ia lanjutkan dengan shalat bersama Imam, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari jumat yang lain. Dan bahkan hingga lebih tiga hari.”

Tentunya amalan-amalan tersebut yang manfaatnya untuk diri sendiri hendaknya diimbangi dengan amalan-amalan yang bermanfaat untuk orang lain. Sebagaimana sedekah dan memberi makan kaum fakir dan miskin.

Amalan apa saja yang sudah kita kerjakan hari ini?

Atau justru sudah terlalu sibuk dengan urusan duniawi sedari pagi?

Baca Juga: Ternyata Ada Umat Islam yang Kafir, Inilah Penyebabnya!

Originally posted 2017-08-11 08:23:18.