Ingin Kaya Raya di Dunia, Amalkan Do’a Nabi Sulaiman Ini!

Sumber Foto Dari: infobisnisproperti.com

Menjadi kaya di dunia tentu idaman setiap manusia. Meski tiap-tiap kita sudah ditentukan kadar rezekinya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala , tetapi sungguh dianjurkan untuk terus berikhtiar baik melalui perbuatan maupun lantunan do’a-doa. Tidaklah baik bila salah satu ditinggalkan dari yang lain. Sebab sekuat apa pun berusaha, tanpa memintanya pada Sang pemiliki Adi Kuasa, tetap saja belum tercukupkan. Sebaliknya juga, doa tanpa usaha pun seperti hanya sia-sia. Sebab demikian keduanya harus selalu didampingkan.

Tersebab do’alah banyak kejadian yang menurut kita tidak mungkin bisa dengan mudah terjadi. Sebab dengan memohonkannya pada Allah itulah, bukti bila kita memasrahkan segala sesuatu hanya kepada-Nya. Tiada lain yang berhak dimintai pertolongan selain Allah. Tersebab sebentuk kepasrahan dan penyerahan itulah Allah kemudian dengan Maha Baik mengabulkan.

Dalam hal apa pun, sekecil apa pun sebuah perkara, sebaiknya senantiasa mohonkan ridha dan kemudahannya pada Allah. Tiada mampu biar sesederhana mengunyah makanan, tanpa izin dan kemudahan dari Allah azza wa jalla. Hanya sebagian besar manusia seringkali melupakan, melibatkan Allah hanya di saat-saat butuh pertolongan. Semestinya tidak demikian, sebab tiada sedikit pun daya seorang manusia, tanpa izin dan pemberian Dia Sang Maha Berkuasa.

Termasuk soal harta, yang hampir semua manusia menginginkannya. Hampir tidak ada manusia di dunia yang mengingkari keinginannya untuk menjadi kaya. Tetapi banyak pula dari mereka yang hanya sebatas berkeinginan, tanpa disertai dengan ikhtiar yang disyariatkan. Jika seorang manusia merasa ada yang tidak mungkin terjadi sebab keterbatasan kemampuannya, itu berarti ia masih sangat tergantung pada dirinya sendiri. Padahal ada Dzat yang Maha Kaya, Maha Besar, Maha Kuasa dan Bijaksana. Apa pun teramat mudah bagi Allah. Salahnya kita adalah tidak memohonkan bantuan pada Dzat yang dengan-Nya segala sesuatu menjadi sangat mungkin terjadi.

Baca Juga: Mau Makan yang Mendatangkan Pahala? Begini Caranya!

Semua manusia di muka bumi memiliki peluang yang sama untuk jadi kaya raya. Tanpa kecuali. Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan adalah merutinkan mengamalkan do’a luar biasa, yang pernah dimintakan oleh Nabi kita ,Sulaiman alaihi sallam. Termaktud dalam surah As-Shaad ayat ke 35, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”.

Jelas di dalam do’a itu, Nabi Sulaiman ingin agar Allah menganugerahkan kepadanya sebuah kerajaan terbesar, sebuah kekuasaan yang tiada seorang pun memiliki setelahnya. Dan pada kenyataannya Allah kabulkan do’anya, hingga Nabi Sulaiman menjadi seorang penguasa besar yang kaya raya.

Tiada salahnya jika kita juga mengupayakan keinginan untuk menjadi kaya raya dengan do’a yang telah dibuktikan oleh Nabi Sulaiman. Tetapi ada hal-hal yang sewajibnya disadari, bahwa dengan kekayaan itulah diniatkan agar lebih bermanfaat bagi orang lain. Tidak sebatas nafsu duniawi semata, tetapi benar-benar diniatkan untuk menggunakannya dalam rangka ketaatan kepada Allah. Sebab sungguh sia-sia, jika banyaknya harta kita tidak membuat kita masuk ke dalam surga, sebab penggunaannya yang hanya untuk keperluan nafsu semata.

Sadarilah jika kelebihan harta yang kemudian diberikan oleh Allah, sebagai bagian dari dibukakannya pintu untuk menambah amal kebaikan. Karena hakikat kekayaan ialah apa yang sudah kita kumpulkan untuk hari kemudian, bukan yang sedang kita miliki sekarang. Maka perhatikanlah jumlah dari apa-apa yang sudah kita tabungkan di jalan Allah, dengan apa-apa yang sudah kita keluarkan untuk sebatas kebutuhan duniawi.

Baca Juga: Amalan Istimewa Hari Jum’at yang Sering Terlupakan!

Originally posted 2017-08-11 10:42:11.