Satu-Satunya Air yang Mampu Menjadi Penawar Penyakit Serta Memiliki Banyak Keutamaan

Sumber foto dari wahdah.or.id
HIJAZ.ID Segala yang Allah ciptakan terdapat fungsi masing-masing, termasuk di dalamnya air zam-zam yang merupakan air yang sudah dikenal oleh umat Islam sebagai air yang mustajab. Air tersebut bersumber dari sumur zam-zam yang terletak di dekat ka’bah yang mana kemunculan sumber air zam-zam tersebut bersamaan dengan kisah Nabi Ibrahim, Hajar, dan Nabi Ismail. Lalu mengapa air tersebut dikatakan mustajab? Apakah keutamaannya? Berikut simak ulasannya.

Selain sebagai air minum, air zam-zam juga disebutkan mampu mengenyangkan serta sebagai penawar penyakit. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”(Hadits hasan. Lihat Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/18)
Disebutkan dalam hadits bahwasanya keutamaan air zam-zam akan nampak tergantung dari niat orang yang meminumnya. Dalam suatu hadits disebutkan, bahwasanya Dari Jabir berkata:

Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zamzam itu tergantung niat orang yang meminumnya”.

Dijelaskan pula dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam-Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.” (Hadits hasan li ghairihi. Lihat Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/19)

Baca juga: Neraka Jahannam, Seburuk-Buruk Tempat Bagi Orang yang Memiliki Sifat Ini Meskipun Sangat Kecil!

Ibnu Taimiyyah berkata:

”Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam-Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam-Zam).” (Hajjatun-Nabi, al Albani, 1/117)
Selain yang disebutkan sebagai oba penawar penyakit, air zam-zam juga disebut sebagai pertolongan. Suatu hadits dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Saya mendengar Rasulullah bersabda,”Kami menyebut air Zam-Zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zam-Zam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinanan)”. (HR Tabrani) (Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/19)

Dalam hadits lain juga disebutkan keutamaan air zam-zam, dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba’i, ia berkata:

“Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu ‘Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air Zam-Zam, karena Rasulullah mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zam-Zam” (Shahihul-Bukhari, 3/1190, Cetakan Dar Ibnu Katsir, al Yamamah, Beirut. Dalam riwayat yang sama terdapat dalam Musnad Ahmad. Shuaib al Arnauth mengatakan, bahwa sanadnya shahih sesuai dengan syarat shahihain. Lihat Musnad Ahmad, halaman 1/291, Cetakan Muassasah al Qurtubah, Mesir)

Ibnul Qayyim menjelaskan pula tetang keutamaan air zam-zam tersebut, beliau berkata:

”Aku dan selain diriku telah megalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan air Zam-Zam. Dengan izin Allah, aku telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpaku. Aku juga menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air Zam-Zam sebagai makanan selama beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga mempunyai kekuatan untuk berjima’, berpuasa dan melaksanakan thawaf “.(Zaadul Maad, 3/192, Cetakan al Misriyah)
Abu Dzar al Ghifari berkata,”Selama 30 hari, aku tidak mempunyai makanan kecuali air Zam-Zam. Aku menjadi gemuk dan lemak perutku menjadi sirna. Aku tidak mendapatkan dalam hatiku kelemahan lapar.”( Shahih Muslim, 4/1919, Cetakan Dar Ihya Turats Arabi, Beirut. Lihat Shahih Sirah Nabawiyah, al Albani, 129)

Dari bebrapa keutamaan air zam-zam yang telah dijelaskan tersebut, tentunya masih banyak lagi keutamaan yang Allah berikan. Maha Besar Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Doa Orang-Orang inilah yang Mudah Dikabulkan oleh Allah

Originally posted 2017-08-11 12:33:39.