Bahaya Melihat Ke Atas! Inilah Alasan Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam Melarangnya

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam, suri tauladan bagi seluruh alam karena budi pekerti yang ada pada dirinya. Segala hal yang dilakukan dan yang dilarangnya menjadi hukum yang diimani oleh ummat Islam. Setiap perintah, anjuran, dan larangan yang Allah perintahkan melalui perantara Rasulullah selalu memiliki hikmah yang tersimpan di dalamnya.

Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang ummatnya untuk cenderung melihat ke atas. Hal ini memiliki alasan di dalamnya. Untuk penjelasan lebih jelasnya, terus simak artikel ini sampai tuntas ya.

Adapun melihat ke atas yang dilarang oleh Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam yakni melihat segala hal yang bersifat duniawi yang lebih dari dirinya. Setiap orang yang melihat ke atas dalam segala hal yang bersifat keduniawian akan cenderung senang mengejar dunia. Inilah salah satu alasan mengapa Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang ummatnya untuk cenderung melihat ke atas. Mengapa mengajar dunia tidak boleh? Simak di paragraf selanjutnya.

Larangan melihat ke atas tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menasehati para sahabat dan juga kita sebagai ummatnya. Sabdanya yang artinya:

“Lihatlah orang yang berada di bawah kalian dan janganlah melihat orang yang ada di atas kalian…” (HR. Muslim)

Baca Juga : Ikuti Ajaran Rasulullah Agar Sehat dan Awet Muda!

Dibalik larangan tersebut terkandung hikmah yang begitu luas bagi orang-orang yang berfikir lagi diberi cahaya iman dalam hatinya. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya bahwa setiap orang yang melihat ke atas dalam segala hal yang bersifat keduniawian akan cenderung senang mengejar dunia. Jika orang sudah tergila-gila dan cenderung mengejar dunia, maka akan reduplah cahaya iman dalam hatinya. Hal ini menyebabkan sulitnya hidayah masuk ke dalam hatinya.

Alasan lainnya, Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Sallam melarang pada ummatnya untuk melihat ke atas dalam hal duniawi berdasarkan hadits yang artinya:

“Lihatlah orang yang berada di bawah kalian dan janganlah melihat orang yang ada di atas kalian karena hal itu lebih layak membuat kalian tidak mengkufuri nikmat Allah atas kalian.” (HR. Muslim)

Sebagaimana hadits shahih tersebut bahwa manusia yang lebih suka melihat ke atas, akan timbul dalam hatinya membanding-bandingkan antara dirinya dan orang lain. Membandingkan antara harta dirinya dan orang lain yang lebih banyak, membandingkan rumahnya yang lebih kecil dari orang lain, dan lain sebagainya.

Pada akhirnya, manusia yang senang membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, sedangkan orang lain tampak lebih baik dari dirinya. Maka akan munculah berbagai macam penyakit dalam hati orang tersebut. Seperti penyakit iri, dengki, dan mengkufuri nikmat Allah. Naudzubillah.

Oleh karenanya, marilah kita menjauhi kebiasaan melihat orang yang di atas dari diri kita dalam hal duniawi. Sebaliknya, mari kita cermati dan mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan, karena masih banyak orang yang jauh di bawah kita dalam hal duniawi.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Apakah Benar Kiamat Sudah Dekat? Ketahuilah Tanda-Tandanya Ini!

Originally posted 2017-08-12 03:26:18.