Kiat-Kiat Agar Sukses Menutut Ilmu, Inilah Rahasianya!

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Menutut ilmu merupakan sebuah proses seseorang yang mulanya awam tentang pengetahuan, mencari ilmu agar menjadi paham akan pengetahuan. Semua manusia yang sehat akal dan hatinya pasti ingin mendapatkan kesuksesan dalam menuntut ilmu. Kesuksesan tersebut tidak semata-mata dengan mendapatkan ijasah seusai menuntut ilmu, melainkan kesuksesan tersebut diraih dengan berhasilnya seseorang menguasai bidang ilmu yang dipelajarinya.

Adapun dalam artikel ini akan dibahas tentang kiat-kiat agar sukses menuntut ilmu. Kiat-kiat tersebut berdasar atas sabda Nabi Sallahu ‘Alaihi wa Salam dan akan dipaparkan dalam paragraf selanjutnya.

Menuntut ilmu merupakan ibadah, hal tersebut diterangkan oleh Syaikh Bakr Abu Zaid Rahimahullah dalam kitabnya Hilyah Thalibil ‘Ilmi. Oleh karena itu setiap muslim dan muslimah wajib hukumnya menuntut ilmu.

Dalam menuntut ilmu diharuskan memenuhi syarat ibadah yakni ikhlas dan mutaba’ah (sesuai dengan ajaran Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Salam). Adapun kiat-kiat agar sukses menuntut ilmu sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Sallahu ‘Alaihi wa Salam, sebagaimana sabdanya yang artinya:

Baca Juga : Tahukah Anda Hadits dan Sunnah Bukan Kembar Indentik?

“Semoga Allah memberikan cahaya kepada wajah orang yang mendengarkan sabdaku lalu ia memahaminya lalu menghafalnya lalu menyampaikannya. Banyak orang yang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih paham darinya.” (HR. At-Tirmidzi).

Dalam hadits tersebut dalam kita ambil kesimpulan kiat-kiat agar sukses menuntut ilmu sesuai contoh Rasulullah yakni dengan cara sebagai berikut:

Pertama, mendengarkan sabda Nabi dan perkataan ulama serta guru. Sebagaimana sebagian ulama berkata, “Awal ilmu adalah husnul istimaa’ yakni mendengarkan dengan baik. Mendengar akan lebih sempurna dengan mencatata”. Sebagaimana pula dikatakan oleh Imam Az-Zuhi, “ Ikatlah ilmu dengan mencatatnya.” Oleh karena itu pandai-pandailah mendengarkan dan mencatat poin-poin penting saat menuntut ilmu, baik di sekolah, kampus, organisasi, maupun dalam kajian tertentu.

Setelah mendengarkan dibarengi dengan mencatat, yang kedua adalah memahami. Pahamilah setiap sabda, dan perkataan ulama maupun guru. Setelah kita mendengarkan dan mencatat, pahamilah ilmu baru tersebut, jangan langsung dilupakan begitu saja. Setelah paham, maka akan mudah menerima ilmu selanjutnya.

Kiat agar sukses menuntut ilmu yang ketiga yakni menghafalkan. Hafalkanlah ilmu baru yang telah didengar, dicatat dan dipahami tersebut agar selalu ingat dan sulit untuk lupa. Lakukan tahap mendengar, mencatat dan memahami serta menghafalkan secara berurutan. Sesuai yang diajarkan Rasulullah dalam haditsnya.

Kiat agar sukses menuntut ilmu yang terakhir, menyampaikan ilmu yang telah kita terima dan hafalkan. Tahap ini dilakukan di paling akhir, agar ilmu yang kita berikan atau sebarluaskan pada orang lain telah kita kuasai sebelumnya. Bukan ilmu yang asal kita tahu, belum paham betul langsung share begitu saja. Sehingga kita tidak memiliki ilmu yang kokoh bagi diri kita. Sebaliknya ilmu yang sudah kita dengar, pahami dan hafalkan akan menjadi kokoh dalam diri, dan dapatlah kita sukses menuntut ilmu dengan bukti dapat menjadikan ilmu kita maslahat untuk ummat.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Jika Merasa Ragu-Ragu, Apa yang Harus Dilakukan?

Originally posted 2017-08-12 03:36:46.