Ingin Rezekimu Bertambah? Amalan Ini adalah Kuncinya!

Sumber foto dari google.com
HIJAZ.ID Rezeki setiap manusia sudah dijamin oleh Allah Ta’alaa, adapun mengenai kesulitan dalam mendapatkannya sudah seharusnya menjadi bahan introspeksi setiap manusia. Karena, salah satu perkara yang menjadi penghambat rezeki seseorang adalah dosanya.

Tapi, ada salah satu amalan yang bisa menyebabkan rezeki ataupun nikmat lainnya terus bertambah dan bertambah lagi. Amalan itu adalah syukur. Allah sangat menyukai hamba-Nya yang senantiasa bersyukur atas apapun yang dilimpahkan kepadanya. Allah sangat senang apabila dipuji oleh hamba-Nya. Allah cinta kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa memuji Allah Ta’ala.

وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur)”. (Qs. Adh Dhuha: 11)

Syukur adalah kunci pembuka jalan rezeki. Syukur akan mengundang datangnya rezeki Allah Ta’alaa yang lain, mengundang datangnya rasa tenang, kebahagiaan, jauh dari rasa cemas dan gelisah. Betapa semua ini adalah rezeki yang teramat besar nilainya.

Baca Juga : Masih Sering Selfie Ketika Beribadah? Hati-Hati Terjangkit Penyakit Riya’!

Seorang hamba yang setelah makan mengucapkan rasa syukurnya dengan berdoa, maka ia telah bersyukur. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, dari Mu’adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ . غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin” (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Tirmidzi no. 3458. Tirmidzi berkata, hadits ini adalah hadits hasan gharib. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Terdapat pula dalam hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum” (HR. Muslim no. 2734).

Dan, hal utama yang harus diketahui bahwa semakin sering seorang manusia bersyukur maka Allah akan terus menambah rezeki itu. Perhatikanlah firman Allah Ta’alaa berikut ini,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيد

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7)

Untuk lebih lengkapnya bisa disimak video berikut.

Wallahu a’lam bish shawab.

Baca Juga : Ingin Berhaji Namun Belum Mampu? Lakukanlah 7 Amalan Berikut Ini, Pahalanya Senilai Ibadah Haji!