Mengonsumsi Buah ini Mampu Menghindarkan dari Bahaya Racun dan Sihir

 

Sumber foto dari wargademak.com
HIJAZ.ID Allah telah menciptakan sesuatu dengan kelebihan atau keututamaan masing-masing yang melekat dengan ciptaan-Nya tersebut, salah satunya yaitu buah. Buah merupakan makanan yang menyehatkan dan banyak mengandung komponen zat gizi, pada umumnya komponen buah dapat mencegah dari gangguan kesehatan, namun siapa sangka jenis buah yang satu ini justru mampu menghindarkan dari bahaya racun dan sihir? Buah apakah yang dimaksud? Berikut simak ulasannya.

Kurma merupakan makanan yang disunnahkan oleh nabi untuk dimakan, dalam hadits disebutkan bahwa seseorang yang memakan tujuh butir kurma setiap harinya maka InsyaAllah akan terhindar dari racun dan sihir. Dalam hadits diterangkan bahwasanya:

 “Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu. (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 5779 dan Muslim no. 2047).

Baca Juga: Syafaat Pada Hari Kiamat dapat Diperoleh dengan Amalan ini!

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di Rahimahullah mengatakan bahwa sebenarnya keutamaan kurma tersebut bukan hanya pada kurma ajwa namun berlaku untuk kurma secara keseluruhan.
Dalam suatu ayat Al Quran dijelaskan tentang kurma, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

 “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar-Ra’d: 4)

Sunnah memakan kurma juga dijelaskan dalam hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air. (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Ibnu Hajar Al Asqolani

Rahimahullah dalam Bulughul Marom hadits No. 660, dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam, beliau bersabda:

 “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.”

Selain keutamaan dalam konteks agama, kurma juga banyak memiiliki manfaat dalam konteks dunia kesehatan dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Sungguh besar keutamaan yang Allah berikan. Selain mengikuti Sunnah Rasul yang berbuah pahala, di dalamnya juga terdapat manfaat yang luar biasa.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Satu-Satunya Air yang Mampu Menjadi Penawar Penyakit Serta Memiliki Banyak Keutamaan

Originally posted 2017-08-13 22:51:25.