Inilah Manfaat Dibalik Sunnah Memelihara Jenggot Yang Jarang Diketahui!

Sumber Foto Dari : Google
HIJAZ.ID Jenggot merupakan rambut yang tumbuh pada kedua pipi dan dagu seorang pria. Jenggot tumbuh pada kedua pipi dan dagu seorang pria disebabkan oleh adanya hormon testosteron dalam tubuhnya. Namun, pertumbuhan rambut khususnya jenggot pada setiap pria berbeda-beda tergantung gen yang memunculkan hormon androgen (testosteron) yang mengatur pertumbuhan rambut pada seorang pria.

Maka jenggot merupakan fitrah bagi setiap laki-laki, meski tidak semua laki-laki memiliki jenggot. Hukum memelihara jenggot sebagaimana hadits Nabi dari Ibmu umar Radhiyallahu ‘Anhuma, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

“Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya,

“Selisilah orang-orang musyrik. Potong pendeklah kumis dan biarkanlah jenggot.” (HR. Muslim no. 625)

Masih banyak lagi hadits yang menganjurkan untuk memelihara jenggot. Dapat disimpulkan bahwa memelihara jenggot hukumnya sunnah, bila dikerjakan mendapat pahala, namun jika ditinggalkan tidak apa-apa. Alangkah lebih baiknya dilaksanakan agar mendapat pahala karena mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Baca Juga : Menggunakan Penumbuh Jenggot Untuk Mengikuti Sunnah, Bolehkah?

Pada setiap perintah dan larangan Allah yang diisyaratkan kemudian disampaikan melalui suri tauladan kita yakni Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, terdapat hikmah dibaliknya. Begitu pula dengan memelihara jenggot, terdapat manfaat dibalik sunnah memelihara jenggot yang jarang diketahui.

Pertama, melindungi wajah dari sengatan matahari.

Dari jurnal Radiation Protection Dosimetry, Hasil penelitian yang dilakukan di University of Southern Queensland membuktikan bahwa jenggot bisa menghalangi 90 -95 persen sinar UV dari matahari. Dengan ini maka kulit akan terhindar dari proses penuaan kulit secara dini dan menurunkan resiko kanker kulit.

Kedua, terhindar dari serangan asama.

Hasil riset membuktikan bahwa jenggot bisa menjadi penyaring dan pencegah gejala asma serta alergi. Hal ini terjadi karena, ketika gejala asma bermula dari serbuk dan debu. Jika seorang pria memiliki rambut pada wajahnya, maka rambut atau cambang besar ini dapat menahan debu dan serbuk di cambang besarnya sehingga bisa menurunkan gejala asma yang mungkin terjadi.

Menurut Dr. Felix Chua yakni konsulltan sistem pernafasan di London Clinic, mengatakan bahwa secara teori cambang bisa menghentikan apapun yang memicu asma untuk masuk ke saluran pernafasan tetapi bentuknya harus yang besar (lebat).

Ketiga, menjaga kelembabpan wajah.

Dr Lowe dalam situs Health day edisi 19 Februari 2013 silam, mengatakan bahwa jenggot dapat melindungi kulit wajah dari angin dan udara dingin yang bisa menimbulkan kulit wajah menjadi kering. Jenggot yang melindungi wajah dari angin yang membuat kulit wajah menjadi kering dan mengganggu penghalang kulit, menjadikan kulit tetap lembab dan awet muda.

Keempat, melawan penyakit batuk

Carol Walker mengatakan rambut adalah insulator yang menjaga Anda tetap hangat. Oleh karena itu jenggot yang panjang dan penuh dapat menahan udara dingin dan meningkatkan temperatur di sekitar leher yang dapat membantu melawan pilek dan batuk serta penghangat saat udara dingin.

Kelima, pencegahan kulit wajah kemerahan dan infeksi.

Dr. Martin Wade yakni konsultan dermatologis di London Skin and Hair Clinic, mengatakan bahwa mencukur jenggot dengan pisau cukur, dapat menyebabkan kemeahan akibat pisau cukur. Rambut yang tidak tumbuh dan kondisi seperti folliculitis, jadi pria mendapatkan keuntungan dari memehara jenggot.

Demikian beberapa manfaat dibalik sunnah memelihara jenggot yang jarang diketahui. Masih banyak lagi manfaat lainnya khususnya bagi kulit wajah. Oleh karena itu, tetap menggali dan terus mencari akan ilmu, dan mari jalankan sunnah Nabi bagi kaum Adam.

Wallahu A’lam Bisshowab

Baca Juga : Membunuh Semut, Islam Melarang?

Originally posted 2017-08-15 00:44:01.