Keutamaan Membaca Surah Pendek ini Seperti Membaca Sepertiga Al Quran

Sumber foto dari islamic-research.org
HIJAZ.ID Membaca Al Quran merupakan ibadah yang sangat dianjurkan, selain sebagai doa, didalamnya terdapat keutamaan-keutamaan yang Allah berikan. Waktu manusia yang sering disibukkan oleh perkara dunia kadangkala memberi jarak antara manusia itu sendiri dengan Al Quran, bahkan untuk mengkhatamkan Al Quran pun terkadang diperlukan waktu yang cukup lama. Meskipun demikian, Allah tetap mencintai makhluk-Nya dan memberikan jalan kemudahan makhluk dalam memetik keutamaan dari setiap firman-Nya. Dikatakan pula dalambeberapa hadits bahwasanya di dalam Al Quran terdapat surah yang mana ketika membacanya seperti membaca sepertiga Al Quran. Lalu surah apakah yang dimaksud? Berikut simak ulasannya.

Dalam hadits dijelaskan dijelaskan bahwasanya membaca Surah Al Ikhlas sebanding dengan membaca sepertiga Al Quran. Dari Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Sesungguhnya seseorang mendengar orang lain membaca “Qul Huwallahu Ahad” dengan mengulang-ulangnya, maka tatkala pagi harinya, ia mendatangi Rasulullah dan menceritakan hal itu kepadanya, dan seolah-olah orang itu menganggap remeh surat itu, maka bersabdalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya surat itu sebanding dengan sepertiga al Qur`an”.( HR al Bukhari, 4/1915 No. 4726, 6/2449 No. 6267, 6/2685 No. 6939; Abu Dawud, 2/72 No. 1461; an Nasaa-i, 2/171 No. 995; dan lain-lain)
Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu juga menerangkan, ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Berkumpullah kalian, karena sesungguhnya aku akan membacakan kepada kalian sepertiga al Qur`an,” maka berkumpullah orang yang berkumpul, kemudian Nabiyullah Shallallahu ‘alaihi wa asllam keluar dan membaca “Qul Huwallahu Ahad” (Surah Al Ikhlas),  kemudian beliau masuk (kembali). Maka sebagian dari kami berkata kepada sebagian yang lain: “Sesungguhnya aku menganggap hal ini kabar (yang datang) dari langit, maka itulah pula yang membuat beliau masuk (kembali),” lalu Nabiyullah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam keluar dan bersabda: “Sesungguhnya aku telah berkata kepada kalian akan membacakan sepertiga al Qur`an. Ketahuilah, sesungguhnya surat itu sebanding dengan sepertiga al Qur`an”.( HR Muslim, 1/557, No. 812; at Tirmidzi, 5/168 No. 2900; dan lain-lain)

Hadits Abu Sa’id al Khudri Radhiyallahu ‘anhu pula, ia pun berkata bahwasanya:

“Nabi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam berkata kepada para sahabatnya: “Apakah seseorang dari kalian tidak mampu membaca sepertiga al Qur`an dalam satu malam (saja)?” Hal itu membuat mereka keberatan, (sehingga) mereka pun berkata: “Siapa di antara kami yang mampu melalukan hal itu, wahai Rasulullah?” Lalu Nabi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Allahul Wahidush Shamad (Surat Al Ikhlas), (adalah) sepertiga al Qur`an”.( HR al Bukhari, 4/1916 No. 4727)

Baca Juga: Menunda Nikah, Banyak Keutamaan Tertunda?

Dalam hadits ini diterangkan pula bahwa barangsiapa yang istiqomah membaca surah Al Ikhlas, maka di surga menjadi keutamaannya. Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca “Qul Huwallahu Ahad”, Maka Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Telah wajib,” aku bertanya: “Apa yang wajib?” Beliau bersabda, “(Telah wajib baginya) surga.”(HR. At-Tirmidzi, 5/167 No. 2897; an Nasaa-i, 2/171 No. 994; dan lain-lain. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh al Albani di dalam Shahih at Tirmidzi, Shahih an Nasaa-i, Shahih at Targhib wa at Tarhib
(2/196 No. 1478), dan kitab-kitab beliau lainnya. Lihat pula hadits Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu pada sub judul Keutamaan Surat al Ikhlash Secara Umum)

Dalam penjelasan lain Al Qodhi mengatakan bahwa Al Maziri berkata:

”Dikatakan bahwa maknanya adalah Al Qur’an itu ada tiga bagian yaitu membicarakan (1) kisah-kisah, (2) hukum, dan (3) sifat-sifat Allah. Sedangkan surat Qul huwallahu ahad (Surat Al Ikhlas) ini berisi pembahasan mengenai sifat-sifat Allah. Oleh karena itu, surat ini disebut sepertiga Al Qur’an dari bagian yang ada. (Syarh Shohih Muslim, 6/94)

Dengan demikian, fadhilah membaca surah pendek ini, Al Ikhlas, merupakan surah istimewa yang memiliki banyak keutamaan. Surah dengan nama “Al-Ikhlas” yang bahkan di dalamnya pun tak terdapat kata ikhlas, maka seyogyanya mampu memberikan gambaran kepada kita bagaimana inti dari ikhlas, termasuk dalam ihklas membaca Al Quran, karena meskipun surah ini terdapat banyak keutamaan, tak lantas meninggalkan untuk membaca surah lainnya yang tentunya terdapat banyak keutamaan lain dari setiap kalam-Nya.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga:Bagi yang Mempunyai Sikap ini, Akan Dicukupkan Pahala Tanpa Batas

Originally posted 2017-08-16 02:00:56.