Melakukan Sholat ini 2 Rakaat Senilai dengan Memberikan 360 Sedekah

coffeesastra.wordpress.com
HIJAZ.ID Allah Subhanahu wata’ala telah memberikan banyak jalan bagi makhluk-Nya untuk meraih keutamaan sebanyak-banyaknya selama hidup di dunia, bahkan kasih sayang-Nya telah memberikan jalan kemudahan bagi setiap hamba-Nya, salah satunya dengan amalan sholat yang mudah ini Allah telah memberikan kesempatan bagi kaum yang kurang mampu untuk bisa layaknya bersedekah lewat keutamaan sholat ini. Lantas sholat apakah yang nilainya setara dengan 360 sedekah? Yuk simak ulasan hadits berikut.

Sholat dhuha merupakan sholat yang dikatakan senilai dengan 360 sedekah. Sholat Sunnah ini sangat dianurkan untuk rutin dilakukan sehari-hari meskipun hanya dua rakaat, namun keutamaan sholat ini sangat banyak. Hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

“Kekasihku (Muhammad) Shalallahu ‘alaihi wassalam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan (ayyamul bidh), shalat Dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Dalam suatu hadits disebutkan terkait dengan keutamaan sholat dhuha dua rakaat yang senilai dengan 360 sedekah, yaitu bahwasanya:

“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud)

Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian” (HR. Muslim No. 1007)

Dalam pernyataan lain, Muhammad bin ‘Ali Asy Syaukani Rahimahullah mengatakan:

“Hadits Abu Dzar dan hadits Buraidah menunjukkan keutamaan yang luar biasa dan kedudukan yang mulia dari Shalat Dhuha. Hal ini pula yang menunjukkan semakin disyari’atkannya shalat tersebut. Dua raka’at shalat Dhuha sudah mencukupi sedekah dengan 360 persendian. Jika memang demikian, sudah sepantasnya shalat ini dapat dikerjakan rutin dan terus menerus” (Nailul Author, 3: 77).

Baca Juga: Memejamkan Mata Saat Sholat, Apakah Dilarang?

Lalu dalam hadits lain disebutkan pula keutamaan sholat dhuha 4 rakaat, dapat mencukupi seseorang, bahwasanya dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Disebutkan pula keutamaan dari sholat dhuha dua rakaat yaitu seperti pahala haji dan umroh. Hadits dari Anas bin Malik, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sholat dhuha disebut juga sholat awwab (sholatnya orang yang kembali taat). Hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam  bersabda:

Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib 1: 164).

Allah dengan segala kemurahan yang diberikan, sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Maka selagi diberikan kesempatan waktu, mengamalkannya secara rutin merupakan kebaikan sederhana yang menuai keutamaan yang luar biasa.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Sering Sholat dengan Tergesa-Gesa, Perhatikan Hukum Ini!

Originally posted 2017-08-20 01:24:55.