Sarana Pengobatan Berbagai Penyakit, Cairan yang Berasal dari Lebah ini Ditegaskan dalam Al Quran dan Hadits

Sumber foto dari lifestyle.okezone.com
HIJAZ.ID Allah Subhanahu wata’ala telah menciptakan segala obat dari segala penyakit, mulai dari penyakit fisik maupun penyakit hati, Allah telah mnyebutkan obatnya dalam setiap ayat Al Quran yang menjadi firman-Nya, salah satunya yaitu madu yang merupakan cairan yang berasal dari lebah yang disebutkan di beberapa ayat dalam Al Quran juga dijelaskan pula dalam hadits. Lantas bagaimana manfaat madu menurut Al Quran dan Hadits, simak ulasan lebih lanjut berikut ini.

Dalam suatu surah ditegaskan bahwa madu merupakan salah satu obat bagi penyakit manusia. Bahwasanya Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibina oleh manusia”.Kemudian makanlah dari tiap-tiap (jenis) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu lebah) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang-orang yang berfikir.”(Q.S. An-Nahl : 68-69)

Baca Juga: Syafaat Pada Hari Kiamat dapat Diperoleh dengan Amalan ini!

Di ayat lain juga disebutkan tentang madu, bahwasanya Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

Perumpamaan jannah yang djanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa yang didalamnya terdapat sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka,…” (QS. Muhammad : 150)

Dijelaskan pula hadits terkait dengan madu sebagai sarana pengobatan. Dari Abu Said Al’Kudri Radhiyallahu ‘anh berkata bahwasanya:

“Seorang lelaki telah datang kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. lalu ia berkata, “Saudaraku sakit perut sehingga dia buang-buang air”, Sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. “Minumlah madu lebah kepadanya”: Lalu diminumkan madu kepadanya. Kemudian dia datang balik kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam lalu katanya ” Telah ku minumkan madu kepadanya tetapi sakitnya bertambah”, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam pula menyuruhnya meminumkan madu supaya berulang tiga kali. Dia datang lagi untuk kali keempat. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. terus menyuruhnya supaya meminum madu, Kata orang itu, “Aku telah menyuruhnya meminumnya Ya Rasulullah, namun sakitnya bertambah juga”. Sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam. “Allah Maha Besar, perut saudaramu itulah yang dusta”. Lalu diminumnya pula madu, maka sembuhlah saudaranya”.

Hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

 “Jika dalam pengobatan kalian ada sedikit pengembangan. Maka yang demikian itu bisa didapatkan pada keratan kulit orang yang membekam , atau seteguk madu atau sengatan api”,(HR. Bukhari, No. 5704, Muslim No. 2205).

Dalam hadist lainnya, terkait dengan madu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, bersabda:

” Hendaknya kalian mengunakan dua obat yaitu madu dan Al Quran”. (Sunan Ibnu Majah, hal 1142, hadist No. 3452, bab madu).

Maha Bijaksana Allah, Rabb dengan segala kasih sayang-Nya, bahkan dari seekor lebah yang seringkali dianggap biasa, justru di dalamnya Allah telah memberikan obat yang luar biasa. Segala ciptaan Allah dengan segala kelebihannya, semua yang Allah hadirkan berserta kebermanfaatannya, tak ubahnya merupakan hal yang seharusnya disyukuri dan difungsikan semaksimal mungkin keberadaannya.

Wallahu A’lam Bisshawab

Baca Juga: Bagaimanakah Hukumnya Jika Lupa dengan Utang?

Originally posted 2017-08-21 02:18:27.